HEADLINE

Disertasi Ading Rahman Budaya Organisasi Survey Karyawan PT KAI Daop 2 Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) program Doktor Ilmu Manajemen menggelar sidang promosi Ading Rahman Sukmara di Aula Mandalasaba dr.Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No 41 Kota Bandung pada Senin (21/8/2023).

Sidang diketuai oleh Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU., serta penguji Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi,M.SI, Promotir Prof Dr. H. M. Sidik Pria dana, MS, Co Promotor Dr Senen Machmud, SE., MS dan anggota Prof Dr H. Azhar Affandi, SE., M. SC, Prof. Dr H. Iman Sudirman, DEA, dan Dr H. Heru Setiawan., SE., MM.

Disertasi Ading berjudul Pengaruh Budaya Organisasi, Pengembangan Kapasitaa Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Kapasitaa Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Terhadap Komitmen Afektif dan Loyalitas Serta Implikasiny pada Kinerja Karyawan (Survey Pada Karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung), membahas tentang kerhasilan pelaksanaan tugas pada jasa transportasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Deop 2 Bandung, salah satunya akan sangat bergantung pada kualitas karyawan yang menghasilkan kinerja karyawan yang berkualitas yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

(Foto : tie/pasjabar)

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji udaya organisasi, pengembangan kapasitas sumber daya manusia dan pemberdayaan sumber daya manusia terhadap komitmen afektif dan loyalitas serta implikasinya pada kinerja karyawan, ” Papar Ading usai sidang doktor kepada pasjabar.

Ia menambahkan jika dalam penelitian ia menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif, metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah karyawan sebanyak 145 karyawan. Sementara itu, metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Stractural Eguetion Model (SEM).

(Foto : tie/pasjabar)

“Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang sigrifikan dari budaya oganisasi, Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Terhadap Komitmen Afektif dengan besaran pengaruh sebesar 72,02 persen, dan terdapat pengaruh yang signifikan dari Budaya Organisasi, Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Terhadap Loyalitas karyawan dengan besaran pengaruh 74,48 persen, serta terdapat pengaruh signifikan dari dari komitmen afektif dan loyalitas terhadap kinerja karyawan dengan besaran pengaruh sebesar 82,74 persen, ” Paparnya.

Ading juga menyebutkan jika sudah menunjukan budaya organisasi yang exelent meski memang perlu ada perbaikan dibeberapa hal untuk kemajuan PT kAI Daop 2 Bandung.

(foto : tie/pasjabar)

Dari sidang tersebut Ading berhasil meraih gelar doktornya dengan IPK sebelum sidang 3,57 dan setelah sidang Ading dinyatakan lulus dengan IPK 3, 59 dengan Yudisium sangat memuaskan.

“Saya cukup puas dengan hasil sidang, dan saya berharap kedepan Unpas bisa terus maju dan banyakenciptakan sarjana berkualitas terutama dari daerah apalagi dengan fasilitas Unpas yang memang sidang sangat cukup bagus, ” tutupnya. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Pemain Persib Ini Langsung Gabung Dengan Timnas ke Bahrain

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemain Persib Dimas Drajad, langsung gabung dengan Timnas ke Bahrain, setelah kepulangan…

4 jam ago

Peringatan HUT TNI Jabar Dipusatkan di Makodam III Siliwangi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peringtan HUT TNI Jawa Barat dipusatkan di Makodam III Siliwangi, Sabtu (5/10/2024).…

6 jam ago

Kampus Merdeka, Prodi Bahasa Indonesia Unpas Kerjasama dengan PT PKM

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Raih program Kompetensi Kampus Merdeka Kemenristekdikti, Prodi Bahasa Indonesia FKIP Universitas Pasundan…

8 jam ago

Ricuh Laga Persib vs Persija, PSSI Jatuhkan Sanksi Denda Rp295 Juta untuk Panitia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp295 juta…

9 jam ago

Film Conjurig Siap Sapa Penonton Tanah Air 2025 Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Aktor Dito Darmawan sebagai pemeran utama bakal beradu akting dengan penyanyi Maizura…

10 jam ago

Teknik Mesin Unpas Raih Dua Penghargaan Kejuaraan Nasional Rancang Bangun Mesin

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Tim Teknik Mesin Universitas Pasundan (Unpas) meraih dua penghargaan dalam ajang Lomba…

10 jam ago