HEADLINE

FKIP Unpas Lakukan Percepatan Implementasi Kurikurum Merdeka Melalui PKM

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP Unpas) melaksanakan Pengabdikan Kepada Masyarakat (PKM) di Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya.

FKIP Unpas kerja sama dengan Kecamatan Sukaresik melaksanakan Pelatihan dan Pendampingan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka di Aula Kecamatan Sukaresik pada Jumat (18/8/2023) lalu.

Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP UNPAS, Darta menerangkan bahwa pelaksanakan PKM ini bertujuan untuk memfasilitasi Guru di wilayah Kecamatan Sukaresik dalam memahami penyusunan modul ajar kurikulum merdeka.

“Penyusunan modul dilaksanakan dengan cara blended learning. Yakni tatap muka langsung/luring di Aula Kecamatan Sukaresik dan pendampingan secara daring melalui Learning Managemen System (LMS) dan komunikasi melalui whatsapp group,” jelasnya.

Kepala UPT Puslit PMM FKIP Unpas, Mia Nurkanti menuturkan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan bagian untuk memeriahkan HUT RI ke-78.

“Kegiatan ini terlaksana dengan kolaborasi Dosen, Mahasiswa, serta Bapak/Ibu Guru satuan pendidikan wilayah Kecamatan Sukaresik,” kata Mia.

Pelatihan dimulai pada Jumat 18 Agustus 2023 dan dilanjutkan dengan pendampingan hingga Kamis 31 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 39 Guru dari 38 satuan Pendidikan, diantaranya jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA di wilayah Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya.

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni dosen memiliki kewajiban untuk melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Terlebih yang menjadi narasumber yaitu Frilia S Regina, S.Pd., M.Pd.

Ia merupakan salah satu dari 9 Fasilitator Sekolah Penggerak Kemdikbudristek yang berasal dari FKIP Unpas. Kepercayaan dari pemerintah ini tentu pihaknya memiliki andil untuk menyelenggarakan pendampingan kepada satuan pendidikan secara mandiri. Yakni melalui pengadian kepada masyarakat dalam implementasi kurikulum merdeka. (*/ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

47 menit ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

2 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

2 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

2 jam ago

Jawa Timur Tambah Emas PON XXI Aceh – Sumut 2024, Setelah Kalahkan Jawa Barat di Cabor Sepak Bola

WWW.PASJABAR.COM -- Kontingen Jawa Barat bertemu kontingen Jawa Timur di final cabor sepak bola PON…

7 jam ago

Dies Natalis FH Unpad, IKANO Undang AHY Kuliah Umum

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad), Ikatan Keluarga…

8 jam ago