PASOLAHRAGA

Francesco Bagnaia Ungkap Kelemahan Motor Ducati Desmosedici

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Francesco Bagnaia sedang terancam tergusur dari puncak klasemen sementara MotoGP 2023. Pembalap Ducati Lenovo itu lantas mengungkap kelemahan terbesar yang dimiliki motor Ducati Desmosedici GP23 tunggangannya.

Pecco mengalami kecelakaan dalam balapan utama MotoGP India 2023 pada akhir pekan lalu. Ia gagal finis sehingga membuat Jorge Martin semakin mendekatinya di puncak klasemen dengan selisih 13 poin saja.

Itu menjadi kali ketiga secara beruntun Bagnaia gagal memenangkan balapan. Sebelumnya, sang juara bertahan hanya mampu naik podium di posisi tiga pada GP San Marino 2023. Sementara di GP Catalunya 2023, ia gagal finis akibat kecelakaan.

Padahal, dalam balapan di MotoGP Austria 2023, Bagnaia tampil sangat cepat hingga bisa menyapu bersih kemenangan di sprint dan balapan utama. Namun, ia merasakan sesuatu yang berbeda pada motornya sejak tampil di Catalunya.

Ternyata, Bagnaia merasa motornya kini lemah dalam fase pengereman sehingga kurang bisa tampil maksimal. Padahal, hal itu sebenarnya selama ini menjadi kekuatan dari Desmosedici GP23.

“Kekuatan terbesar kami adalah fase pengereman dan sekarang itu menjadi kelemahan kami. Di Misano saya berlatih secara konservatif pada hari Jumat dan Sabtu karena kaki saya, tetapi pada hari Minggu saya siap untuk bertarung,” ujar Bagnaia, dikutip dari Speedweek, Kamis (28/9/2023).

“Tentu saja saya belum dalam kondisi 100 persen, namun fase pengereman menyebabkan saya kesulitan dalam balapan. Saya sering mengalami penguncian roda depan dan kesulitan dengan obrolan roda belakang. Itu mungkin merupakan sinyal alarm bahwa ada sesuatu yang tidak berfungsi dengan baik. Tapi saya fokus pada kaki,” imbuh pria berusia 26 tahun itu.

Kendati demikian, Bagnaia optimistis bisa segera memiliki solusi untuk menangani permasalahan tersebut. Alhasil, ia yakin mampu bersaing dengan lebih baik lagi dalam MotoGP Jepang 2023 pada akhir pekan ini untuk menjaga takhtanya di puncak klasemen.

“Kami mengadakan pertemuan di India pada hari Sabtu. Tentu saja tidak mungkin untuk menyelesaikan semua masalah pada hari Minggu, tapi kami pasti akan memahami masalah ini dengan lebih baik untuk GP Jepang. Tim saya akan menyelesaikannya,” jelas Bagnaia.

“Saya tidak khawatir karena saya percaya 100 persen pada tim saya dan tahu bahwa kami akan menemukan solusi dan kekuatan besar kami akan kembali pada fase pengereman,” pungkas pria asal Italia itu.

pri

Recent Posts

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

44 menit ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago