HEADLINE

Undip First Winner, Unpas First Runner Up Lomba Rancang Bangun Mesin

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin 2023 (LNT-RBM) XII-2023 digelar di Hotel Aryaduta, Kota Bandung pada Kamis (6/10/2023). Lomba ini diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKS-TM) Indonesia.

Lomba Nasional Tahunan Rancang Bangun Mesin 2023 ini diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta se-Indonesia. Dari 105 Proposal yang diajukan PTN maupun PTS, yang masuk ke final hanya 14 Proposal dari 13 Perguruan Tinggi.

Universitas Diponegoro (Undip) menjadi First Winner atau Juara 1 dalam LNT RBM XII-2023. Selain itu Undip juga menang dalam kategori Best Creativity.

Undip membuat inovasi “Kursi Melarikan Darurat”. Inovasi ini dibuat oleh tiga orang dari jurusan Teknik Mesin, di antaranya Alif Rahman Wirza, Haura Emara dan Muhammad Mika Ramadhani Restiawan

“Jadi kursi ini berbentuk koper yang harapannya itu dapat membantu ibu hamil ketika melahirkan di pengungsian. Semoga ke depannya alat ini dapat direalisasikan dan dikomersilkan untuk membantu BPBD dan masyarakat Indonesia dalam menanggulangi bencana,” harap Alif.

Alif mengaku dalam membuat inovasi ini simulasinya membutuhkan waktu yang lama karena settingannya yang sulit, bolak-balik untuk mencari referensi karena data yang dibutuhkan sangat sulit.

“Kita dalam mengantisipasi hal itu melakukan wawancara dengan 4 pihak yaitu ada manufaktur, BPBD, pasien dan bidan. Ini kami me-research development-nya itu sekitar 2 bulan,” katanya.

Universitas Pasundan raih First Runner Up LNT RBM XII-2023. (Foto: eci/pasjabar)

Sementara itu, Universitas Pasundan (Unpas) meraih First Runner Up atau Juara 2 dalam LNT RBM XII-2023. Unpas membuat inovasi “Alat Portable Fire Up”. Alat ini dibuat oleh kelompok yang beranggotakan 4 orang, di antaranya Mutia Fauziah, Fahrur Razi Andika, Agung Nugraha Saputra dan Muhammad Faiz Kamal Rabbani.

“Kami sama sekali tidak menyangka bisa menjadi juara dua. Tapi kami yakin alat yang kami buat itu sangat dibutuhkan, khususnya di wilayah padat penduduk,” kata Faiz.

Faiz mengatakan tantangan yang paling utama adalah dalam melakukan research karena diperlukan data-data yang valid. Sehingga kami memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa alat ini memang benar-benar dibutuhkan di wilayah padat penduduk.

“Membuat alat tersebut membutuhkan waktu 3 bulan. Itu hanya untuk prototype saja karena alat yang kami buat itu bukan barang jadi, masih banyak hal-hal yang harus kita perbaiki lagi,” ujarnya.

Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Unpas ini mengutarakan dengan mendapatkan juara 2 ini, mereka akan selalu membuat inovasi demi kemajuan teknologi di Indonesia.

Universitas Bandar Lampung Second Runner Up LNT-RBM XII-2023. (Foto: eci/pasjabar)

Kemudian untuk Second Runner Up atau juara 3 diraih oleh Universitas Bandar Lampung jurusan Teknik Mesin dengan kelompok yang beranggotakan tiga orang, di antaranya Muhamad Adam Permana Anwari, Abdul Rohim Nawawi dan Sofyan Ilhamsyah.

Pemenang LNT-RBM XII-2023

  • First Winner: Universitas Diponegoro
  • First Runner Up: Universitas Pasundan
  • Second Runner Up: Universitas Bandar Lampung
  • First Winner Poster Design: Universitas Khairun Ternate
  • First Runner Up Poster Design: UPN Veteran Jakarta
  • Second Runner Up Poster Design: Universitas Brawijaya
  • Best Team Presenter: Universitas Hasanuddin
  • Best Creativity: Universitas Diponegoro
  • Best Manufacturability: Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Presiden
  • Best Cad Modelling: Institut Teknologi Sumatera
  • Best Detail Design: Universitas Pertamina
  • Best Design Manufacture and Assembly: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Best Originality Design: ITENAS
  • Best Fungtionality: UPN Veteran Jakarta
  • Best Personality: UPN Veteran Jakarta (ran)
Nurrani Rusmana

Recent Posts

Phil Handy Bakal Latih Tim Nasional Basket Indonesia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM --   Phil Handy bakal latih tim nasional Basket Indonesia. Phil Handy yang…

1 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

3 jam ago

ITB Minta Mahasiswa Penerima Beasiswa Kerja Paruh Waktu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Penerima beasiswa kerja , sepertinya mahasiswa penerima beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB)…

3 jam ago

Lima Pjs Bupati Baru Dilarang Buat Program Baru oleh Gubernur Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lima Pjs Bupati dilarang membuat program baru oleh Pj Gubernur Jabar Bey…

4 jam ago

Polda Jabar Usut Insiden Pengeroyokan Steward oleh Suporter Usai Laga Persib vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Polda Jawa Barat mengonfirmasi adanya insiden penganiayaan yang diduga dilakukan oleh sejumlah…

5 jam ago

Kualifikasi Piala Asia U-20, Timnas Indonesia Siap Tempur di Grup F

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pelatih timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, optimistis bahwa timnya mampu meraih kemenangan…

6 jam ago