HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Manajemen Kaonang Analisis Pengaruh Kepemimpinan Melayani dan Komitmen Pegawai Terhadap Semangat Kerja

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Manajemen, Kaonang pada Sabtu (7/10/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Manajemen ini berjudul Pengaruh Kepemimpinan Melayani dan Komitmen Pegawai Terhadap Semangat Kerja dan Implikasinya pada Kinerja ASN yang Dimoderasi Oleh Tunjangan Kinerja (Studi Kasus di Pemerintah Daerah se-Tangerang Raya).

(Foto: ran/pasjabar)

Kaonang mengatakan keberhasilan pelaksanaan tugas aparatur sipil negara (ASN) Republik Indonesia akan sangat bergantung pada kualitas pegawai yang menghasilkan kinerja pegawai yang tinggi yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kinerja kelembagaan Pemerintah Daerah di tingkat pusat, tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Kepemimpinan Melayani, Dan Komitmen Pegawai Terhadap Semangat kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Pegawai Yang Dimoderasi Oleh Tunjangan Kinerja

“Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah pegawai Pemerintah Daerah di Wilayah Tangerang Raya. Adapun banyaknya anggota sampel sebanyak 393 Pegawai. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM (Stractural Eguetion Model),” katanya.

Hasil Penelitian

(Foto: ran/pasjabar)

Kaonang menjelaskan hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Kepemimpinan Melayani, dan Komitmen Pegawai Terhadap Semangat kerja dengan besaran pengaruh sebesar 73,32 persen, dan terdapat pengaruh yang signifikan dari semangat kerja terhadap kinerja pegawai dengan besaran pengaruh sebesar 80,48 persen.

“Serta terdapat pengaruh yang signifikan dari semangat kerja terhadap kinerja pegawai yang dimoderasi oleh tunjangan kinerja dengan besaran pengaruh sebesar 83,22 persen,” ungkapnya.

(Foto: ran/pasjabar)

IPK Kaonang sebelum sidang terbuka adalah 3.53. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Kaonang dinyatakan lulus dengan IPK akhir  3.55 dengan yudisium sangat memuaskan.

(Foto: ran/pasjabar)

Kesan Kaonang Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

(Foto: ran/pasjabar)

Kesan yang luar biasa bagi Kaonang bisa menyelesaikan pendidikan S3 di Pascasarjana Unpas karena menurutnya ia dibimbing oleh para guru besar yang telaten.

“Dengan kesibukan saya, akhirnya bisa lulus hampir empat tahun lebih di sini untuk memperoleh gelar doktor. Inilah universitas swasta yang berkualitas. Pascasarjana Unpas keren banget,” ucapnya.

Kaonang berharap ilmunya dapat diabdikan kepada masyarakat, bangsa dan negara. Selain itu juga dirinya berharap Pascasarjana Unpas terus sukses. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

BMKG: Gerhana Matahari Cincin Tak Berdampak di Indonesia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa fenomena Gerhana Matahari Cincin…

12 menit ago

Fluktuasi Harga Pangan: Bawang Merah Turun, Beras Premium Naik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat sejumlah komoditas pangan masih menunjukkan fluktuasi harga.…

1 jam ago

Pembangunan Exit Tol Sementara KM 149 Gedebage Dikebut, Target Selesai Akhir 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pembangunan exit tol sementara di KM 149 Gedebage diperkirakan akan selesai pada…

2 jam ago

Cloud Kitchen Sagala Group Surga Pecinta Ayam Geprek dan Chicken Wings

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Sagala Group, operator cloud kitchen asal Bandung, terus berinovasi dalam industri kuliner dengan…

2 jam ago

Bandung Bangun TPST Berteknologi RDF di Gedebage, Atasi 390 Ton Sampah per Hari

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat…

3 jam ago

Aktris dan Politikus Marissa Haque Tutup Usia, Ini Pesan Terakhirnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kabar duka menyelimuti dunia hiburan tanah air, aktris senior yang juga aktif…

4 jam ago