PASBISNIS

Harga Berbagai Jenis Cabai Melonjak, Pembeli Mengeluh

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM — Sudah beberapa pekan terakhir, harga komoditas jenis cabai terus merangkak naik dan kini melambung tinggi. Semua jenis cabai mengalami kenaikan yang signifikan di Pasar Antri Baru, Kota Cimahi, Kamis (12/10/2023).

Harga yang merangkak naik diantaranya cabai rawit merah dari sebelumnya Rp25.000 perkilogram menjadi Rp58.000 perkilogram. Cabai rawit hijau sebelumnya Rp28.000 menjadi Rp48.000 perkilogram. Cabai keriting merah sebelumnya Rp25.000 perkilogram menjadi Rp40.000 perkilogram. Cabai keriting hijau sebelumnya Rp30.000 perkilogram menjadi Rp40.000 perkilogram dan cabai tanjung merah sebelumnya Rp30.000 perkilogram menjadi 58.000 perkilogramnya.

“Sejak memasuki kemarau panjang, harga semua jenis cabai mengalami kenaikan signifikan, hal itu disebabkan karena berkurangnya pasokan dari petani di sejumlah daerah penghasil cabai,” kata pedagang, Nena, Kamis (12/10/2023).

Kondisi ini berdampak terhadap omzet pedagang yang mengalami penurunan. Sehingga harus melakukan berbagai siasat. Salah satunya dengan mengurangi pembelian dari biasanya.

Mahalnya harga cabai di pasaran juga dikeluhkan pembeli karena kenaikan harga cabai dinilai terlalu tinggi. “Kenaikan ini membuat pengeluaran lebih besar daripada pendapatannya,” kata Pembeli, Dewi Artiawan.

Para pedagang dan pembeli berharap musim kemarau segera berakhir dan harga kebutuhan pokok di pasar segera kembali stabil. (uby)

Uby

Recent Posts

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

1 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

2 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

3 jam ago

David da Silva Bakal Main di Laga Madura United Vs Persib Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Angin segar datang bagi Persib Bandung. Sang striker andalan, David da Silva,…

4 jam ago

Usai Hadapi Madura United, Persib Langsung Tancap Gas ke China

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung benar-benar disiksa dengan jadwal padat. Selain tampil di Liga 1…

5 jam ago

Tanggap Darurat Gempa, Pemkab Bandung Terus Gulirkan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi Kabupaten Bandung dari sejak terjadi…

6 jam ago