PASNUSANTARA

Mahasiswa dan Kampus Harus Melek SEO Ini Tips dari Natsir SEVIMA

ADVERTISEMENT

MALANG, WWW.PASJABAR.COM– Era saat ini membawa disrupsi dengan munculnya berbagai teknologi baru, untuk itu generasi muda harus melek teknologi dan menguasai kompetensi abad ke-21 untuk bersaing di dunia pekerjaan, tidak hanya mengandalkan kemampuan teknis tradisional.

Salah satu kompetensi kunci abad ke-21 adalah penguasaan Search Engine Optimization (SEO).

Digital Strategist dari SEVIMA Natsir Arie mengungkapkan bahwa SEO adalah konsep dan cara menulis yang memudahkan mesin pencari untuk menemukan dan menempatkan konten di halaman pertama.

Semakin banyak industri yang memerlukan pemahaman SEO, sehingga mahasiswa perlu menguasainya.

“SEO dibutuhkan di semua bidang, bahkan rumah sakit dan kampus. Kampus harus memanfaatkan SEO untuk meningkatkan kredibilitas dan menarik mahasiswa baru,” ungkap Natsir saat berbicara di hadapan Pimpinan dan Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Malang pada Kamis (12/10/2023).

Bagaimana mahasiswa dan kampus dapat memulai perjalanan belajar dan memanfaatkan SEO?

Natsir Arie membagikan tiga tips berdasarkan pengalaman belasan tahunnya dalam mengelola berbagai kanal Website dan Media Sosial SEVIMA:

1. Dukungan dari Manajemen Kampus

Dukungan dari manajemen atau pimpinan perguruan tinggi adalah kunci. Karena SEO adalah strategi jangka panjang, dibutuhkan konsistensi. Belajar SEO adalah proses panjang yang memerlukan eksperimen dan penyesuaian.

Dukungan manajemen menciptakan kondisi yang kondusif dan semangat untuk tim pembuat konten atau tim pemasaran.

2. Memahami Target Audiens & Beradaptasi

Pemahaman yang baik tentang audiens atau pasar yang dituju sangat penting. Kampus dan mahasiswa harus terus belajar dan memahami kondisi pasar yang selalu berubah. Konten harus relevan dan menarik, sesuai dengan perubahan tren.

3. Konsisten Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Konten

Mesin pencari menilai sebuah website berdasarkan kualitas dan kuantitas kontennya. Oleh karena itu, penting untuk secara konsisten meningkatkan konten.

Ini termasuk memberikan informasi yang relevan, update konten secara berkala, dan menyediakan konten bermanfaat bagi calon mahasiswa.

Dengan menerapkan strategi SEO yang baik, website dan media sosial perguruan tinggi dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik kampus di mata calon mahasiswa. Skill SEO ini juga berguna untuk pekerjaan di masa depan. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Kandaskan Timor Leste dengan Skor 3-1

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia U-20 mengandaskan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 pada laga kedua…

2 jam ago

Yaman akan Menjadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia, setelah Gilas Maladewa 3-0

WWW.PASJABAR.COM -- Dua gol dicetak pemain Yaman di laga Yaman U20 vs Maladewa U20 di…

2 jam ago

Media Gathering PTDI & Kemhan RI: Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Dengan mengusung tema “Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara”, PT Dirgantara Indonesia (PTDI)…

3 jam ago

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

5 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

6 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

7 jam ago