HEADLINE

Sidang Doktor Ilmu Sosial Nunung Nurcholis Analisis Pengaruh Penataan dan Budaya Organisasi di Cagar Budaya Banten Lama

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Nunung Nurcholis pada Kamis (12/10/2023).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU.

(Foto: ran/pasjabar)

Adapun disertasi yang disidangkan pada sidang promosi Doktor Ilmu Sosial ini berjudul Pengaruh Penataan Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Efektifitas Organisasi Penataan dan Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Banten Lama.

Hasil Penelitian

(Foto: ran/pasjabar)

Nunung mengungkapkan pendekatan dalam penelitian ini mengacu pada konsep teori penataan organisasi dan konsep budaya organisasi serta efektifitas kerja kebijakan yang merupakan bagian dari lingkup Ilmu Administrasi Publik.

“Hasil penelitian menunjukan secara parsial variabel penataan organisasi (X1) yang terdiri dari penataan struktur, penataan teknologi, penataan fisik dan penataan manusia, berpengaruh positif sebesar 0,18 dan signifikan sebesar 2,49 terhadap efektivitas kerja kebijakan (Y),” jelasnya.

Selanjutnya secara parsial variabel budaya organisasi (X2) yang terdiri dari inovasi, fokus pada hal kecil, orientasi manusia, orientasi tim, orientasi hasil, agresifitas dan konsistensi, berpengaruh positif sebesar 0,16 dan signifikan sebesar 2,30 terhadap efektivitas kerja kebijakan (Y). Sedangkan secara simultan penataan organisasi dan budaya organisasi mampu menjelaskan efektivitas kerja kebijakan penataan dan pengembangan Cagar Alam Banten Lama sebesar 79 persen, dengan epsilonnya sebesar 21 persen.

“Hal ini menunjukan bahwa masih ada variabel lain yang juga dominan dan dapat diteliti lebih lanjut tentang variabel-variabel lain yang dapat meningkatkan efektifitas kerja kebijakan, dipandang dari perspektif ilmu Administrasi Publik,” pungkasnya.

(Foto: ran/pasjabar)

IPK Nunung Nurcholis sebelum sidang terbuka adalah 3.63 dan IPK sidang terbuka 3.70. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Nunung Nurcholis dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.64 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Nunung Nurcholis Selama Kuliah di Pascasarjana Universitas Pasundan

(Foto: ran/pasjabar)

Nunung mengatakan sangat luar biasa bisa menyelesaikan S3 di Pascasarjana Unpas. “Alhamdulillah Unpas adalah institusi pendidikan yang baik, selalu support kepada mahasiswanya,” ucapnya.

Ia berharap Pascasarjana Unpas tetap konsisten untuk memajukan pendidikan di  Indonesia. “Tetap berkontribusi aktif dalam pendidikan di Indonesia,” pungkasnya. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Kandaskan Timor Leste dengan Skor 3-1

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia U-20 mengandaskan Timor Leste U-20 dengan skor 3-1 pada laga kedua…

30 menit ago

Yaman akan Menjadi Ancaman Bagi Timnas Indonesia, setelah Gilas Maladewa 3-0

WWW.PASJABAR.COM -- Dua gol dicetak pemain Yaman di laga Yaman U20 vs Maladewa U20 di…

38 menit ago

Media Gathering PTDI & Kemhan RI: Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Dengan mengusung tema “Sinergi Membangun Narasi Kemajuan Dirgantara”, PT Dirgantara Indonesia (PTDI)…

49 menit ago

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

3 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

4 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

5 jam ago