HEADLINE

Orasi Ilmiah Prof Maun Jamaludin Bahas Supply Chain Manajement di Perusahaan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Prof. Dr. Maun Jamaludin, ST., M.Si telah dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Pasundan (Unpas) pada Sabtu (28/10/2023). Prof Maun menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Penerapan Model System Dynamics Pada Supply Chain Management”.

Prof Maun dalam orasi ilmiah ini mengatakan kesadaran akan adanya produk yang murah, cepat dan berkualitas melahirkan konsep Supply Chain Manajement (SCM). Konsep SCM menjadi pusat perhatian sejak 1980.

“Peran serta supplier, perusahaan transportasi dan jaringan distributor sangat dibutuhkan. SCM merupakan sistem yang melibatkan proses produksi, pengiriman, penyimpanan, distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan konsumen akan produk tersebut,” ujarnya di Aula Mandala Saba Ir. H. Djuanda, Gedung Rektorat, Kampus II Unpas, Jl. Tamansari No. 6-8.

(Foto: ran/pasjabar)

Ia menjelaskan tujuan dari SCM adalah pengiriman produk secara tepat waktu demi memuaskan konsumen, mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas perusahaan dalam rantai supply melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan.

“SCM penting dilakukan untuk memperlancar proses produksi dan proses pemasaran untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Supaya pengendalian supply chain bisa efektif maka diperlukan adanya arus informasi yang lancar dan rasa saling percaya antar bagian, baik itu pemasok, perusahaan maupun konsumen,” jelasnya.

Keunggulan dari SCM kata Prof Maun adalah sebuah perusahaan dapat me-manage aliran barang  atau produk dalam satu aliran rantai supply dengan mengaplikasikan jaringan kegiatan produksi dan distribusi dari suatu perusahaan dapat bekerja bersama-sama untuk memenuhi tuntutan konsumen.

Kemudian tantangan dalam mengelola SCM dalam kompleksitas strukturnya melibatkan banyak pihak dengan kepentingan yang berbeda-beda. Lalu perbedaan Bahasa, zona waktu dan budaya antar perusahaan.

“Ketidakpastian merupakan sumber kesulitan pengelolaan SCM. Ketidakpastian permintaan, ketidakpastian pasokan seperti lead time pengiriman, harga dan kualitas bahan baku dan lain-lain. Lalu ketidakpastian internal seperti kerusakan mesin, kinerja mesin yang tidak sempurna, ketidakpastian kualitas produksi dan lain-lain,” terangnya.

Manfaat Penerapan SCM bagi Perusahaan

(Foto: ran/pasjabar)

SCM memegang peran penting dalam sebuah perusahaan bisnis. Sebelum adanya manajemen rantai pasokan, perusahaan banyak mengalami kerugian akibat perkiraan pengiriman produk yang terkadang tidak sesuai dengan permintaan pasar.

“Kini dengan menerapkan manajemen rantai pasok ini, perusahaan dapat menekan kerugian dan justru dapat mendapatkan laba di atas rata-rata. Selain itu, perusahaan juga dapat menghubungkan semua pihak yang terlibat di dalam proses perubahan bahan baku menjadi barang jadi,” ujarnya.

Maka dari itu, proses produksi maupun pendistribusian barang/jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

“Manfaat dari SMC ini adalah memuaskan pelanggan, meningkatkan pendapatan, menurunkan biaya, pemanfaatan aset perusahaan dengan maksimal, meningkatkan keuntungan, menjadi mediasi pasar dan perusahaan menjadi semakin besar,” katanya. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

8 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

45 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

1 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

3 jam ago