PASOLAHRAGA

Jeremy Doku Redupkan Sinar Haaland di Manchester City

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Mengenal Jeremy Doku, pemain yang bisa singkirkan sinar Erling Haaland di Manchester City.

Manchester City baru saja meraih kemenangan telak dengan skor 6-1 atas Bournemouth di laga pekan ke-11 Liga Inggris 2023/24, Sabtu (04/11/23).

The Citizen mampu tampil gemilang saat berlaga di kandang sendiri yakni Etihad Stadium, di mana sejak babak awal unggul 3-0 berkat gol dari Jeremy Doku, Bernardo Silva dan Manuel Akanji.

Kemudian dominasi dilanjutkan pada babak kedua lewat gol yang diceploskan oleh Phil Foden, Bernardo Silva dan Nathan Ake. Sementara satu gol hiburan berasal dari Luis Sinisterra selaku bintang andalan Bournemouth.

Menariknya dalam laga tersebut Jeremy Doku mampu menjadi atensi karena tampil luar biasa saat melawan The Cherries.

Bagaimana tidak, ia dianggap mampu menyingkirkan sinar Erling Haaland yang tak mencetak satu gol pun. Sedangkan Jeremy Doku terlibat dalam lima dari enam gol Manchester City. Yakni membuat empat assist dan satu gol.

Melansir dari Opta Joe, hasil ini pun membuat pemain berusia 21 tahun itu membukukan dua rekor sekaligus.

Yakni menjadi pemain termuda dalam sejarah Premier League yang sukses mencatatkan lima gol dalam satu pertandingan, serta pesepak bola termuka yang membuat empat assist.

Selain itu tercatat pemain terakhir yang mampu membuat empat assist di Liga Inggris ialah Paul Pogba pada 2021 saat melawan Leeds United dan Harry Kane pada 2020 kala berhadapan dengan Southampton.

Torehan ini pun membuat Jeremy Doku didapuk sebagai Man of The Match di laga Manchester City vs Bournemouth.

Mampu meredupkan sinar Erling Haaland dan merebut atensi sebagai Man of The Match membuat banyak yang penasaran dengan sosok Jeremy Doku.

Profil dan kiprah singkat Jeremy Doku
Jeremy Doku merupakan pesepak bola asal Belgia kelahiran 27 Mei 2002 silam, atau saat ini masih berusia 21 tahun.

Kiprah kariernya dimulai dengan bergabung bersama tim lokal Antwerp yakni KVC Olympic Deurne dan Tubantia Borgerhout. Pada 2012, ia kemudian hijrah ke klub raksasa Belgia, Anderlecht, saat masih berusia 10 tahun.

Bakatnya pun mulai terlihat, di mana ia menjalani debut profesionalnya bersama tim utama Anderlecht pada November 2018 saat timnya dikalahkan Sint-Truiden 4-2. Jeremy Doku debut di usia tepat 16 tahun.

Setelah itu, ia tetap tampil di tim senior Anderlecht pada musim 2018-2019 dengan mencatatkan lima penampilan di liga.

Dirinya semakin berperan terutama pada musim 2019/20, ketika ia diberi kesempatan tampil sebanyak 21 kali di liga dengan catatan 3 gol dan 3 assist.

Setelah itu, Jeremy Doku mencoba peruntungan di Liga Prancis. Ia diboyong oleh Rennes dengan biaya Rp 451 miliar pada bursa transfer musim panas 2020 dan jadi andalan dengan tampil 30 kali dengan menyumbang dua gol serta tiga assist di Liga Prancis musim 2020-2021.

Kemudian di musim 2021-2022, ia tampil sebanyak 14 kali dengan catatan satu gol dan dua assist. Di musim 2022-2023 kemarin, ia mengemas enam gol serta dua assist di Liga Prancis.

Lalu dirinya menjadi incaran oleh Manchester City pada musim panas lalu berkat rekomendasi dari Kevin De Bruyne yang merupakan rekan satu timnya di Timnas Belgia.

Apalagi Doku memang sudah terkenal dengan kecepatan berlari, akselerasi, kelincahan dalam menggiring bola, dan kekuatan fisiknya berdasarkan Soccerment. Hal itulah yang membuatnya dijuluki The Flash dari Belgia.

pri

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

5 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

7 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

7 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago