HEADLINE

Jadi Duta Kesehatan, Ini Persiapan Azhar Mahasiswa FK Unpas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Azhar Dzulfikar Sofyan, mahasiswa semester V jurusan Kedokteran Universitas Pasundan (UNPAS) mencatat prestasi sebagai finalis Duta Kesehatan Jawa Barat 2023.

Kepada PASJABAR Azhar membagikan pengalaman dan tips saat menjadi Duta Kesehatan.

Kendati berkuliah di Jurusan Kedokteran, menurutnya untuk menjadi Duta Kesehatan tidak harus berkuliah di bidang kesehatan.

“Banyak literasi terkait isu Kesehatan di Indonesia, tidak harus berkuliah di bidang Kesehatan, yang terpenting adalah peduli akan Kesehatan di Indonesia, dan manajemen waktu yang baik,” ungkapnya, Senin (13/11/2023).

Menurutnya, persiapan menjadi duta memerlukan niat kuat, kesungguhan, kesiapan mental dan fisik, literasi tentang kesehatan dasar, serta doa yang banyak.

“Waktu yang saya siapkan untuk mengikuti Duta Kesehatan Jawa Barat adalah satu bulan. Waktu tersebut saya pakai untuk mempersiapkan niat, persyaratan berkas, literasi tentang Kesehatan, dan lainnya,” ungkapnya.

Azhar menjelaskan manfaat yang dapat diperoleh dari mengikuti ajang duta, termasuk menjadi inspirator dan promotor kesehatan bagi masyarakat.

“Ini adalah wadah untuk mengembangkan diri, menjalin relasi dengan banyak orang, dan tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Dalam konteks menjadi duta, Azhar menegaskan peran sebagai role model, khususnya sebagai promotor kesehatan dalam mendidik masyarakat.

“Menjadi duta artinya menjadi promotor kesehatan dalam mengedukasi masyarakat,” ujarnya dengan yakin.

Azhar juga memberikan pesan kepada teman-teman yang ingin mengikuti jejaknya.

“Ayo semangat terus, pahami tujuan menjadi Duta Kesehatan Jawa Barat, pahami isu kesehatan lokal, terus belajar, mulai bangun jaringan. Yang paling penting, jadilah Duta Kesehatan bagi diri sendiri dan bagi orang-orang sekitar,” ajak Azhar dengan semangat. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

21 menit ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

51 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

1 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

2 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago