PASOLAHRAGA

Walter Mazzarri bukan Sosok Asing di Napoli

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Setelah memecat Rudi Gracia, manajemen I Partenopei resmi menunjuk Walter Mazzarri sebagai pelatih anyar pada Selasa (14/11/2023).

“Napoli telah memutuskan untuk mencopot Rudi Garcia dari jabatan pelatih kepala. Kami berterima kasih kepada beliau dan stafnya atas kolaborasi yang ditunjukkan hingga saat ini,” bunyi pernyataan resmi Napoli.

Rudi Garcia duduk di kursi pelatih Napoli pada 15 Juni 2023. Pelatih asal Prancis tersebut menggantikan peran Luciano Spalletti yang memutuskan untuk mundur, setelah membawa I Partenopei menjuarai Serie A musim lalu.

Sayangnya, Garcia gagal mengulang performa impresif Napoli ketika diasuh Spalletti.

Rudi Garcia membawa Napoli meraih delapan kemenangan, empat hasil imbang, dan menelan empat kekalahan dari 16 laga yang sudah dijalani diseluruh ajang.

Tunjuk Walter Mazzarri

Setelah mendepak Rudi Garcia, Napoli langsung menunjuk Walter Mazzarri sebagai pelatih anyar.

Mazzarri sepakat menandatangani kontrak jangka pendek bersama I Partenopei, yakni hingga akhir musim ini.

“Selamat datang kembali Walter,” tulis Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, di akun resmi X miliknya.

Walter Mazzarri akan menjalani tugas pertamanya sebagai pelatih Napoli ketika bersua Atalanta di Gewiss Stadium, Bergamo, pada laga pekan ke-13 Serie A, 26 November mendatang.

Bakal Terapkan Formasi 4-3-3

Walter Mazzarri selama ini kerap menerapkan taktik 3-5-2 bersama tim yang diasuhnya. Dia juga beberapa kali menggunakan formasi 3-4-1-2 di sejumlah tim, satu di antaranya Inter Milan.

Namun menurut laporan Sky Sport Italia, Mazzarri berjanji kepada De Laurentiis akan menerapkan formasi 4-3-3. Sebelumnya, taktik itu digunakan Luciano Spalletti ketika membawa Napoli meraih trofi juara Serie A 2022/2023.

Walter Mazzarri mengindikasikan bakal memakai taktik 4-3-3 saat berbicara kepada Corriere dello Sport beberapa pekan lalu.

“Saya sangat mengagumi cara Spalletti mengatur taktik Napoli. Saya tidak pernah bisa menggunakan 4-3-3 sebelumnya, karena saya tidak punya pemain yang cocok dengan sistem itu,” ucap Mazzarri.

Bukan Sosok yang Asing

Keputusan Napoli menunjuk Walter Mazzarri sebagai pelatih anyar bagaikan cinta lama bersemi kembali (CLBK). Mazzarri bukan sosok yang asing untuk Napoli.

Pelatih asal Italia itu pernah duduk di kursi pelatih I Partenopei pada 6 Oktober 2009 sampai 20 Mei 2013.

Selama empat musim mengasuh Napoli, Walter Mazzarri berhasil membawa timnya merah 89 kemenangan, 50 hasil imbang, dan menelan 43 kekalahan dari 182 laga diseluruh ajang.

Berkat taktik dan strategi yang diterapkan Mazzarri, Napoli mampu meraih trofi juara Coppa Italia 2011/2012. Kembali menangani Napoli, pelatih berusia 62 tahun tersebut diharapkan bisa mendongrak performa timnya.

pri

Recent Posts

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

47 menit ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

2 jam ago

Diserbu Bobotoh Henhen Tutup Kolom Komentar Instagramnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Buntut insiden intimidasi yang diduga dilakukan beberapa beberapa pemain Persib kepada bobotoh,…

2 jam ago

5.000 Umat Muslim Bandung Gelar Aksi Bela Palestina

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lebih dari 5.000 umat Muslim di Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa…

3 jam ago

372 Mahasiswa Magister dan Doktor Pascasarjana Unpas Ikuti Matrikulasi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 372 mahasiswa program Doktor dan Magister Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) mengikuti…

3 jam ago

Persib Diguncang Kabar Pemain Intimidasi Bobotoh

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kabar tak sedap datang dari Persib Bandung. Beredar kabar pemain Persib ada…

4 jam ago