PASKESEHATAN

Masih Ada Warga Menolak Penyebaran Telur Nyamuk Wolbachia, Dinkes Kota Bandung Terus Sosialisasi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Kota Bandung ditunjuk menjadi salah satu wilayah penyebaran telur nyamuk Wolbachia karena dalam tiga tahun berturut-turut menempati peringkat pertama pada kasus DBD.

“Dinkes Kota Bandung sudah menyebarkan ratusan butir telur ke masyarakat di wilayah Pasanggrahan, Ujungberung,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung, Ira Dewi, Kamis (30/11/2023).

Sementara itu, Yayah salah satu warga mengatakan pihaknya mendukung program pemerintah tersebut. “Semoga penyebaran nyamuk Wolbachia ini benar-benar bisa menekan kasus DBD,” harap Yayah.

Kasus DBD Kota Bandung sendiri menjadi salah satu kasus tertinggi di Jawa Barat. Terhitung sejak Januari lalu hingga November 2023 sudah ada kurang lebih 1.000 kasus di tahun 2023. Saat ini Dinkes Kota Bandung terus berupaya melakukan sosialisasi kepada warga karena masih ada warga yang menolak penyebaran nyamuk Wolbachia.

Diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengirimkan sekitar ribuan telur nyamuk Aedes Aegypti yang sudah mengandung bakteri Wolbachia untuk dikembangbiakan di Kota Bandung. Hal ini merupakan salah satu inovasi terbaru untuk menekan angka kasus demam berdarah dengue (DBD).

Penyebaran telur Wolbachia saat ini baru diimplementasikan di satu kelurahan. Salah satunya di Kecamatan Ujungberung. Ini sebagai proyek percontohan yang ditunjuk langsung oleh Kemenkes. (rif)

Budi Arif

Recent Posts

Equinox Melintasi Indonesia, BMKG: Sinar Matahari Terasa Lebih Terik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami pengaruh…

1 jam ago

Marc Marquez Siap Bangkit di MotoGP Mandalika, Targetkan Posisi Lima Besar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, menyatakan antusiasmenya untuk menghadapi persaingan di…

2 jam ago

Kesan Tyronne del Pino Main di Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino mengungkap kesannya pertama kali main di laga Persib Bandung…

3 jam ago

David da Silva Bakal Main di Laga Madura United Vs Persib Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Angin segar datang bagi Persib Bandung. Sang striker andalan, David da Silva,…

4 jam ago

Usai Hadapi Madura United, Persib Langsung Tancap Gas ke China

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung benar-benar disiksa dengan jadwal padat. Selain tampil di Liga 1…

5 jam ago

Tanggap Darurat Gempa, Pemkab Bandung Terus Gulirkan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi Kabupaten Bandung dari sejak terjadi…

6 jam ago