PASOLAHRAGA

Justin Hubner Diambil Sumpah sebagai Warga Negara Indonesia

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Justin Hubner akhirnya resmi diambil sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Rabu (6/12/2023) kemarin. Namun, proses naturalisasi Hubner sebenarnya sempat nyaris batal pada April 2023 lalu.

Bersama Ivar Jenner dan Rafael Struick, naturalisasi Justin Hubner untuk memperkuat Timnas Indonesia sebenarnya telah disetujui dalam Rapat Paripurna DPR RI pada 21 Maret 2023.

Namun, pada bulan yang sama, Justin Hubner mendapatkan panggilan dari Belanda U-20 untuk beruji coba dengan Timnas Prancis U-20.

Justin Hubner bermain sebagai starter dan selama 90 menit ketika membawa Belanda U-20 mengalahkan Prancis U-20 2-1 pada 25 Maret 2023.

Sempat Disetop
Pada 17 April 2023, Arya Sinulingga selaku anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI memastikan bahwa pihaknya menyetop proses naturalisasi untuk Justin Hubner, tapi jalan terus buat Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Sejumlah kabar burung menyeruak mengenai latar belakang Justin Hubner tidak jadi dinaturalisasi PSSI, termasuk isu permintaan 1 juta euro atau setara dengan Rp16 miliar sesuai kurs pada waktu itu.

“Ada permintaan dari pihak Hubner yang memang tidak bisa kami penuhi. Jadi, kami memutuskan untuk tidak melanjutkan proses naturalisasi,” jelas Arya medio 17 April 2023.

Penjelasan Justin Hubner
Justin Hubner tidak buka suara terkait rumor yang menyudutkannya itu. Diam-diam, PSSI kembali memproses kewarganegaraan RI bek Wolverhampton Wanderers U-21 ini.

Jika Ivar Jenner dan Rafael Struick telah dilantik sebagai WNI sejak tujuh bulan lalu atau pada 22 Mei 2023, Justin Hubner baru menyusul keduanya pada Rabu (6/12/2023).

Sekarang, Justin Hubner angkat bicara. “Rasanya sulit. Ketika itu, umur saya 19 tahun. Sangat sulit untuk membuat keputusan,” ujar Justin Hubner di Jakarta pada Rabu (6/12/2023).

Selalu Ingin Bermain untuk Timnas Indonesia
“Tapi, saya selalu mengatakan bahwa saya ingin bermain untuk Timnas Indonesia. Tapi, satu-satunya hal seperti seusia saya, saya masih agak muda dan memerlukan waktu untuk memikirkannya,” tutur Justin Hubner.

“Saya mempunyai waktu sekarang dan saya merasa sangat baik, serta saya merasa siap membela Timnas Indonesia,” imbuh bek kelahiran Den Bosch, Belanda, pada 20 September 2003 ini.

Justin Hubner tinggal menjalankan proses perpindahan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA sebagai syarat memperkuat Timnas Indonesia.

pri

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

6 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

8 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

9 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

10 jam ago