HEADLINE

BIN Pasundan Juara Livoli Divisi Utama 2023

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBIN Pasundan akhirnya menjadi juara Livoli Divisi Utama 2023 setelah mengalahkan lawannya Lavani 3-2 (25-19, 21-25, 22-25, 25-19, 15-12) yang dilaksanakan di Gor Joyoboyu, Kediri, Minggu (10/12/2023) malam.

Pertandingan seru dan panas serta tontonan berkualitas ditunjukan dua tim unggulan, dalam Grand Final Livoli Divisi Utama 2023 antara BIN Pasundan melawan Lavani. Namun kecerdikan pelatih menjadi kunci kemenangan kedua tim, bahkan kejelian pelatih BIN Pasundan Ryan Masajedi menjadi salah satu penentu kemenangan bagi tim BIN Pasundan.

BIN Pasundan sendiri di tahun sebelumnya hanya mampu menjadi runner up setelah dikalahkan Indomaret, dan tahun ini BIN Pasundan berhasil menjadi juara di Livoli Divisi Utama 2023. Bagi kedua tim di partai final memang mengincar juara, karena kedua tim belum pernah menjadi juara di Livoli.

Dan tahun ini, menjadi kemenangan bagi BIN Pasundan, dari statistik BIN Pasundan memang menang 65 attack dibanding Lavani yakni 58. Selain itu Top Score juga di raih oleh pemain BIN Pasundan M Fikri dengan menyumbang hampir 30 poin untuk BIN Pasundan. Atas kemenangan BIN pasundan itu,  Lavani harus puas diposisi kedua pada Livoli Divisi Utama 2023.

Jalannya Pertandingan

Pada set pertama pelatih BIN Pasundan Ryan Masejedi langsung menurunkan tim unggulanya Farhan Halim, Doni Haryono, Cep Indra, Fikri, Nanda, Nizar dan Raihan sebagai libero. Sementara di tim Lavani menurunkan Daffa, Dedi, Boy Arnes, Hendra Kurniawan, Musabikhan, Dio Sapto dan Prasojo. Kedua tim memang mengeluarkan kekuatan terakhirnya, kedua tim terus saling menggempur dibabak awal, meski sempat unggul, namun Lavani terus memperkecil ketertinggalan, 10-7. Berkali-kali tertinggal namun berkali-kali juga Lavani berhasil mengejar ketertinggalan 14-12. Namun penampilan apik Trio marjose mampu mengakhir pertahanan skuad Boy Arnes dan mengakhiri set pertama ini dengan kemanangan untuk BIN Pasundan 25-19.

Set kedua permainan mulai imbang, Lavani mulai memperkecil kesalahan – kesalahannya yang dilakukan di set pertama, bahkan beberapa kali quick smash BIN Pasundan berhasil dibaca Lavani hingga poin 8-5 untuk keunggulan Lavani bahkan BIN Pasundan mulai mengalami penurunan performa hingga tertinggal 12-7. Namun meski tertinggal lima poin, namun BIN Pasundan berhasil memperkecil poin di menjadi 12-10. Namun beberapakali service dari tim BIN Pasundan melakukan kesalahan dan Kembali tertinggal jauh 16-11. Meski terus mengejar ketertinggalan, namun kesalahan yang dilakukan para pemian BIN Pasundan khususnya dalam service membuat Lavani merebut set kedua ini dengan 25-21.

Memasuki set ke tiga BIN Pasundan langsung melakukan tekanan, namun Lavani tak tinggal diam bahkan mengejar ketertinggalan dan berbalik untuk Lavani 7-5. Lavani memang terus mengincar Farhan yang memang attack nya mulai berkurang dari set ke dua. Namun berkali – kali M Fikri mampu menyarangkan attacknya tanpa terhalau oleh Lavani hingga akhirnya mampu menyamakan kedudukan 11-11. Namun beberapa kesalahan service serta smash Farhan yang mampu di blockade Lavani hingga akhirnya Lavani mampu unggul dari BIN Pasundan 18-14 pertahanan Lavani sepertinya tak mampu tergoyahkan hingga tim milik mantan Presiden RI, SBY ini memapu merebut set ketiga dan membalikan posisi menjadi unggul untuk Lavani 2-1 (25-22).

Set ketiga Lavani mulai kelelahan dan beberakali melakukan kesalahan dan tertinggal poin, bahkan hingga tertingal lima poin diangka 14-9 bahkan Lavani kesulitan mengembakan permainan dan BIN Pasundan terus menjauh hingga 16-9. Ketertinggalan di set keempat memang membuat pelatih Vives menarik pemain intinya untuk melas set ke empat, untuk mempersiapkan para pemain utama di set terakhir, karena ketertinggalan cukup jauh 21-13. Hal ini membuat BIN Pasundan berada di atas angin untuk merebut set ke empat dengan 25-19. Dan penentuan juara Livoli Divisi utama di tentukan di set terakhir.

Monter block dari Daffa menjadi salah salah satu andalan Lavani membendung serangan Doni dan Farhan dari BIN Pasundan di set penentuan dan poin segera menjadi milik Lavani 5-3. Namun taktik Jasen dari BIN Pasundan mampu membuat Farhan Kembali kedalam permainannya bahkan mampu menyamakan kedudukan 9-9, bahkan membalikan keadaan untuk BIN Pasundan 10-12, tertinggal dua poin tak membuat Lavani menyerah bahkan mampu mengejar ketertinggalan hingga poin sama 12-12, di poin krusial pelatin BIN Pasundan melakukan challend hingga posisi kembali memimpin untuk BIN Pasundan menjadi 14-12 bahkan menjadi match poin Ketika pemain Lavani gagal mengembalikan bola dan menjadikan BIN Pasundan juara untuk kali pertama di Livoli Divisi Utama 3-2 (15-12).

Sementara itu diurutan ke tiga Livoli Divisi Utama 2023 tim putra diraih PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi setelah mengelahkan Indomaret 3-1 (22-25, 19-25, 25-18, 23-25). Di tim putri juara umum diraih Petrokimia Gersik setelah mengakahkan TNI AU 3-0 (21-25, 23-25, 16-25). (tie)

Pemain

BIN Pasundan : 2.Fauzan Nibras (Opposite), 5. Raihan Rizky Attorif (Libero), 6 M. Malik Ibrahim (Outside Hitter), 9 Doni haryono (Outside Hitter), 10. Dafa Azma Paiz (Outside Hitter), 11. Febriyanto (Outside Hitter), 12. Cep Indra Agustin (Middle Blocker), 13. M. Ridwan (Libero), 14. Farhan Halim (Outside Hitter), 15. M. Fikri Mustopa Kamal (Opposite), 17. Ujang Nandar (Middle Blocker), 18. Yayan Riyanto (Middle Blocker), 20. Jasen Natanael (Setter), 23. Nizar Zulfikar (Setter). Pelatih: Ryan Masajedi.

LAVANI :  Daffa Naufal Mauludani, Yohanes Dedi Prasasti, Boy Arnes Arabi, Hendra Kurniawan Musabikhan, Muhammad Fananda Saputra, Richi Rizky, Prasojo, Dimas Saprijal, Suriadi, M. Ade Darmawan, Irpan, Dio Sapto Nugroho, Reihan Andiko Firli, Dio Zulfikri, Galih Pratama Ramadan, Dawuda Alaihimas Salam, Nanda Waliyu Ramadhani. Pelatih : Nicolas Vives.

Yatti Chahyati

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

2 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

2 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

6 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

12 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

14 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

14 jam ago