PASNUSANTARA

Ganjar Pranowo Beri Solusi Atasi Pengangguran Saat Debat Capres

ADVERTISEMENT

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM – Masalah pengangguran akan teratasi jika membuka lebar ruang investasi yang mendapat dukungan penegakan dan kepastian hukum yang baik, transparan, dan akuntabel. Hal ini diungkapkan calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo.

“Kepastian dan penegakan hukum (diperlukan) sehingga investasi bisa mudah, murah, dan cepat,” kata Ganjar Pranowo menanggapi pertanyaan Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, dalam debat perdana Capres 2024 pada Selasa (12/12/2023) malam.

Dilansir dari ANTARA, Ganjar Pranowo memaparkan pertumbuhan investasi dilakukan antara lain dengan membangun kawasan industri. Seperti di Kendal dan Batang, serta tidak mempersulit insentif pajak bagi para investor.

Kawasan Industri Kendal sudah bekerja sama dengan lebih dari 100 sekolah vokasi. Hal yang sama pun sedang disiapkan Kawasan Industri Batang, katanya.

“Jika itu sudah dilakukan, yang harus disiapkan adalah SDM (sumber daya manusia). Kita harus memastikan sekolah vokasi itu 12 tahun, dan gratis,” terangnya.

Selain itu, untuk menanggulangi pengangguran, penurunan jumlah keluarga miskin harus menjadi tindakan afirmatif. Karenanya, pihaknya mengusung “Program Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana,” katanya.

Tindakan afirmatif penurunan angka kemiskinan itu bermakna “satu anak dari setiap keluarga miskin harus menjadi sarjana karena itulah yang akan membongkar dan memberikan peluang pekerjaan yang lebih banyak”, katanya.

Tak kalah penting, lanjut capres yang berpasangan dengan Menko Polhukam Manfud MD ini, adalah kolaborasi pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi, kota dan kabupaten.

“Daerah sangat penting. Tugas kita hanya mensosialisasikan agar mereka terlibat di dalamnya,” ujar dia.

Diketahui, KPU menyelenggarakan debat pertama Capres Peserta Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa malam, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti Ganjar, Prabowo, dan Anies Baswedan (Capres nomor urut 1), dan disaksikan langsung para calon wakil presiden dan para pendukung dari masing-masing kubu. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Sirkuit Mandalika “Kutukan”  Marc Marquez 2 Kali Terjatuh Dalam Sesi Kualifikasi GP Indonesia 2024

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM --  Sirkuit Mandalika masih tidak ingin bersahabat dengan Marc Marquez. The Baby…

2 menit ago

Gempa 5.0 di Bandung: 45.325 Warga Terkena Dampak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Jawa Barat, melaporkan bahwa sebanyak 45.325 warga terkena…

53 menit ago

Cibaduyut Kidul Ajak PAUD dan Orang Tua Kelola Sampah Sejak Dini

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pengetahuan tentang pengelolaan sampah perlu dimulai sejak dini, terutama dari lingkup keluarga…

2 jam ago

Inovasi Layanan Disdukcapil Bandung: Dari Mall ke Aplikasi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung terus melakukan inovasi dalam…

3 jam ago

KPU Bandung Siapkan Tahapan Pilkada, Kampanye Hingga November

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung telah mempersiapkan berbagai tahapan untuk pemilihan…

4 jam ago

Kampanye Pilkada, Politik Uang, dan Hoax

Oleh: Firdaus Arifin Dosen YPT Pasundan Dpk.FH UNPAS Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) selalu menjadi momen…

5 jam ago