Categories: HEADLINEPASPENDIDIKAN

Tingkatkan Riset Teknologi Pascasarjana Unpas Kerjasama dengan PRTIPM

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSebagai upaya peningkatan riset teknologi dan inovasi, Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) bekerjasama dengan Pusat Riset Teknologi Industri Proses dan Manufaktur (PRTIPM).

Sebagai bentuk Kerjasama tersebut dilakukan penandatanganan naskah perjanjian Kerjasama (MoU) yang dilaksanakan di Ruang Sidang Pascasarjana Unpas, Lantai 6, Jalan Sumatera 41, Bandung, Kamis (14/12/2023).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Pascasarjana Unpas Prof. Dr. H.M Didi Turmudzi M.Si dengan Kepala PRTIPM Dr. Ir. Hens Saputra, M.Eng., IPU disaksikan oleh wakil-wakil Direktur Pascasarjana Unpas dan staff dosen dan akademisi di lingkungan Pascasarjana Unpas serta dari jajaran direksi PRTIPM.

(Foto : Upi/Pasjabar)

“Kerjasama ini kaitannya dengan riset dan inovasi dibidang teknologi industri proses dan manufaktur, dalam Kerjasama ini ada risetnya, nanti juga ada peningkatan kompetensi dari SDM kita melalui kuliah umum dan lainnya,” papar Kepala PRTIPM Dr. Ir. Hens Saputra, M.Eng., IPU kepada Pasjabar usai penandatanganan MoU.

Selain itu, dikatakannya, akan ada juga peningkatan kerjasama dalam internasional conference, join riset yang nantinya akan akan dikerjakan bersama, khsusunya dosen dalam skema pendanaan dalam Riset Indonesia Maju (RIM).

“Kami juga akan bekerjasama melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bersama, diantaranya pilot project dan hasil riset, yang bisa dimanfaatkan masyarakat Indonesia kedepannya,” tuturnya.

(Foto : Upi/Pasjabar)

Hens berharap, dengan kerjasama tersebut bisa memperkuat dan juga menjadi ekosistem inovasi dari pentahelix baik itu dari universitas dan juga perusahaanya,  sebagai lembaga riset industry pemerintah dan juga masyarakat.

“Ini melibatkan semua pembangunan Indonesia, yang jelas kami akan mulai mengubah dari ekonomi yang berbasis dari sumber daya alam menjadi berbasis teknologi jadi ini perlu bersama-sama dalam meningkatkan nilai tambah yang lebih besar,” harapnya.

(Foto : Upi/Pasjabar)

Sementara itu Direktur Pascasarjana Unpas Prof. Dr. H.M Didi Turmudzi menyebutkan jika kerjasama tersebut bisa meningkatkan riset dan inovasi khususnya dibidang teknologi industri dan manufaktur di kampusnya.

“Karena untuk teknik Unpas memiliki jurusan Teknologi pangan, informatika dan industri, mesin, lingkungan dan perencanaan wilayah dan Kota dan di pascasarjana ada bebrapa jurusan teknik dan dengan kerjasama ini semuanya bisa join riset, dan mengambangkan hasil penelitiannya sehingga bisa bermanfaat untuk akademik dan masyarakat juga,” tuturnya. (tie)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Harga Cabai Rawit di Kota Bandung Melonjak, Pemkot Klaim Masih Stabil

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga kebutuhan pokok di Kota Bandung mulai mengalami kenaikan, salah satunya adalah…

43 menit ago

KPU Bandung Barat Terima 1,3 Juta Surat Suara untuk Pilkada Serentak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat telah menerima lebih dari 1,3…

2 jam ago

Arti Keadilan Sosial

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) – Keadilan Sosial…

2 jam ago

Persib Tak Gentar Berjuang ‘Sendirian’

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung tidak gentar berjuang 'sendrian' menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga…

4 jam ago

Imbas Kerusuhan, Persib Vs Persebaya Bakal Sepi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung disanksi PSSI imbas kerusuhan yang terjadi usai laga Persib vs…

5 jam ago

Persebaya Tempati Puncak Klasemen Liga 1 2024/2025

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Jelang hadapi Persib Bandung, Persebaya Surabaya sudah punya bekal sebagai pemimpin di…

6 jam ago