HEADLINE

PB Paguyuban Pasundan Tabur Bunga di Makam Otto Iskandar Dinata

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Setiap tanggal 20 Desember Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan menggelar tabur bunga dimakam pahlawan nasional Otto Iskandar Dinata, di Lembang, Kab Bandung Barat,  Rabu (20/12/2023).

“Setiap tahun kita memperingati kembalinya Pak Otto Iskandar Dinata dan setiap tanggal 20 Desember kami selalu mendatangi dan tabur bunga di makam beliau. Bagi kami, Negara dan Bangsa ini, bagi Pemerintah Jawa Barat dan Nasional ini tentunya menginspirasi atas perjuangan Pak Otto Iskandar Dinata di Usianya yang masih muda, beliau penuh keberanian, di masa penjajahan mendirikan PETA cikal bakal Tentara Nasional Indonesia dan dia juga Komandan pertama Badan Keamanan Rakyat, ” Papar Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Prof.Dr.H.M Didi Turmudzi M.Si, yang ditemui usai pelaksanaan tabur bunga.

Dijelaskannya, bagi seluruh warga Indonesia dan Pasundan khususnya, peristiwa itu tentu bukan peristiwa yang kecil, tapi peristiwa besar yang memotivasi bahwa Otto Iskandar Dinata adalah bukan untuk Sunda tetapi untuk Indonesia.

“Bukan hanya itu, Otto Iskandar Dinata juga adalah anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dan juga anggota BPUPKI jadi sangat berjasa untuk bangsa dan negara Indonesia,” Paparnya.

Oleh karenanya menurut Prof Didi, makna bagi Pasundan dimasa sekarang bagaima harus memiliki keberanian dan semangat perjuangannya.

” Kita juga membutuhkan keberanian dan semangat perjuangan dalam memerangi, meminimalisir korupsi. Karena korupsi telah menghancurkan negara dan bangsa ini, untuk meraih kesejahteraan betapa susahnya karena perilaku korupsi.

Oleh karena itu, harapan kami agar kepada para pemimpin bangsa, anggota legislatif, eksekutif, yudikatif dan pengusaha tolong agar konsisten, agar ingat bahwa korupsi itu adalah kejahatan besar, korupsi itu sesuatu yang harus diberantas, bahwa hukum itu harus kepastian, jangan semuanya dibiarkan selesai karena oleh waktu. Ini adalah masalah-masalah bangsa, para pemimpin dan rakyat, ” tegasnya.

Tabur bunga diikuti oleh seluruh anggota dan pengurus PB Paguyuban Pasundan, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi dan Dasar, Rektor Unpas beserta para Wakil Rektor dan Dekan, Ketua STKIP Pasundan Cimahi, Ketua STKIP Pasundan dan wakilnya, Ketua STIE Pasundan, Ketua STH dan juga perwakilan kepala sekolah, guru serta murid di lingkungan Pasundan. Hadir pula beberapa anggota keluarga dari Otto Iskandar Dinata. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kemenangan Berkesan bagi Kevin Ray Mendoza

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung,…

37 menit ago

Menyongsong Pemilu 2024: MAFINDO Latih Lansia Melawan Hoaks dan Penipuan Digital

BOGOR, WWW.PASJABAR.COM-- Sebanyak 110 lansia mengikuti Pelatihan Akademi Digital Lansia Tular Nalar Mafindo yang diselenggarakan…

1 jam ago

Ungkapan Pelatih dan Pemain Persija Usai Digasak Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persija Jakarta harus menelan kecewa. Sebab, tim berjuluk 'Macan Kemayoran' itu kalah…

2 jam ago

Giring Ganesha Rilis EP “Serigala” Emosi Mendalam Dalam Tiga Single

JAKARTA, WWW.PASJABAR.COM-- Giring Ganesha meluncurkan EP terbarunya berjudul "Serigala", yang terdiri dari tiga single yang…

2 jam ago

Prof. Eddy Soeryanto Soegoto Resmi Dilantik Sebagai Ketua APTISI Provinsi Jawa Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Pusat, Dr. Ir. H. M.…

2 jam ago

Reaksi Bojan Hodak Usai Persib Hancurkan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung memuaskan hasrat Bobotoh usai mengalahkan Persija Jakarta dalam lanjutan Liga…

3 jam ago