PASFINANSIAL

Harga Bahan Pokok Relatif Stabil dan Stoknya Aman di Kota Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung lakukan pengecekan harga dan ketersediaan bahan makanan pokok di pasaran. Hasilnya, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, harga relatif stabil dan persediaan bahan makanan pokok di Kota Bandung cenderung aman.

“Harga kebutuhan bahan pokok msyarakat mnejelang Nataru 2024 ini, ada yang naik ada juga yang turun. Tapi kenaikan masih normal, dibandingkan seminggu lalu. Harga sekarang bisa dikatakan harga normal,” ujar Bambang kepada wartawan usai melakukan peninjauan harga di Pasar Sederhana, Kamis (21/12/2023).

Bambang mengatakan, harga cabai mengalami penurunan dari yang sebelumnya Rp112.000 sampai Rp120.000 per kilogram. Sekarang turun menjadi Rp80.000-Rp100.000 per kilogram

“Ini berlaku untuk harga cabai merah tanjong, cabai merah keriting dan cabai rawit domba,” terang Bambang.

Sedangkan harga telur ayam, meskipun mengalami kenaikan, namun semua masih dalam koridor yang aman karena tidak jauh dari harga eceran tertinggi (HET). Berdasarkan pantauan harga telur ayam saat ini Rp28.000 per kilogram, dengan HET Rp27.000 per kilogram.

“Mudah-mudahan semua ketersedaan bahan pangan relatif aman,” tambahnya.

Sedangkan untuk ketersediaan beras, Bambang mengatakan semua saman karena stok di Bulog juga aman. Sehingga menjelang perayaan Nataru 2024, tidak perlu khawatir.

Di samping itu, harga juga relatif aman untuk beras medium yaitu Rp10.900. Sama halnya dengan harga daging ayam juga mengalami penurunan sekaang Rp32.000-Rp34.000 per kilogram. Demikian juga harga daging sapi mengalami penurunan sekarang yaitu Rp140.000.

“Harga daging ayam juga mengalami penurunan. Sementara stok relatif aman dan belum ada peningkatan permintaan dari konsumen,” tuturnya.

Disinggung apakah akan mengalami kenaikan harga, Bambang mengatakan kemungkinan kenaikan harga selalu ada. Namun, Bambang berharap bisa menekan atau mengantisipasi, agar kenaikan harga tidak terlalu tinggi.

Harga Bahan Pokok yang Naik Menjelang Nataru 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, menjelang libur natal dan tahun baru memang ada beberapa komoditi pangan yang mengalami kenaikan harga. Terutama komoditi yang dibutuhkan untuk membuat kue.

“Karena Kota Bandung kan merupakan tujuan wisata. Salah satu yang menjadi incarannya adalah kue-kue, baik kue basah maupun kue kering. Hal ini yang membuat beberapa harga kebutuhan membuat kue mengalami kenaikan,” jelasnya.

Namun, kenaikan harga masih dalam batas-batas kewajaan. Terlebih untuk harga gula pasir. Di mana sekarang mengalami kenaikan harga hingga Rp16.000 per kilogram. Demikian juga dengan harga minyak goreng yang relatif stabil dan stok aman.

“Kenaikan harga ini, malah sesuai dengn aturan pemerinah. Karena selama ini harga yang beredar di pasaran sudah di bawah HET,” jelasnya. (put)

Putri

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

6 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

6 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago