HEADLINE

Promosi Doktor Ilmu Hukum Ceno Hersusetiokartiko Bahas Dampak Penegakan Pidana Penjara Terhadap Beban Anggaran Negara

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Hukum, Ceno Hersusetiokartiko pada Selasa (16/1/2024).

Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. H. Azhar Affandi, S.E., M.Sc.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Hukum ini berjudul Dampak Penegakan Pidana Penjara Terhadap Beban Anggaran Negara pada Program Pembinaan Pemasyarakatan dalam Rangka Pembaharuan Hukum Pidana.

(Foto: ran/pasjabar)

Ceno mengatakan keberadaan pemenjaraan ketika dihubungkan dengan anggaran negara adalah dikelolanya narapidana di lembaga pemasyarakatan dengan penggunaan anggaran negara. Banyaknya narapidana di lembaga pemasyarakatan akan menjadikan besarnya pula anggaran yang dikeluarkan.

“Hal ini mendorong adanya skema pemidanaan yang baru yang dapat mcnckan besarnya anggaran negara, mengingat pemenjaraan sendiri tidak sepenuhnya berhasil dalam menjalankan fungsinya,” katanya.

Hasil Penelitian

(Foto: ran/pasjabar)

Sekretaris Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kemenkumham ini menjelaskan hasil penelitian ini adalah pengelolaan anggaran negara dihubungkan dengan penegakan pidana penjara pada program pembinaan pemasyarakatan adalah dengan menerapkan good governance dalam pengelolaan anggaran Lembaga pemasyarakatan dengan memperhatikan penegakan hukum (rule of law), transparansi (transparancy), keadilan (equity) dan akuntabilitas (accountability).

“Selain itu dengan menjadikan lembaga pemasyarakatan sebagai lembaga mandiri langsung di bawah Presiden melalui koordinator Menkopolhukam bukan dibawah Kementerian Hukum dan HAM. Dengan menjadinya lembaga yang mandiri, maka pengelolaan anggaran dapat disesuaikan dengan keperluan lembaga pemasyarakatan,” jelasnya.

Ceno menambahkan, disamping itu, dapat pula mencari solusi sendiri atas permasalahan yang ada, yang tentunya dengan pemberitahuan atau persetujuan Menkopolhukam.

(Foto: ran/pasjabar)

Ia menerangkan konsep penegakan pidana penjara dalam program pembinaan pemasyarakatan di Indonesia dihubungkan dengan keberadaan pembaharuan hukum pidana adalah dengan memperhatikan efektifitas penegakan hukum dengan fokus pada faktor hukum, penegakan hukum, sarana atau fasilitas, masyarakat dan kebudayaan yang kelimanya mempengaruhi dalam pencapaian pembinaan di lembaga pemasyarakatan untuk mencapai tujuan.

“Wujud kongkrit dari fokus tersebut adalah penerapan Pidana kerja sosial sebagai alternatif hukuman, mengingat pidana kerja sosial dapat memberikan kemanfaatan hukum baik bagi narapidana maupun lembaga pemasyarakatan itu sendiri,” pungkasnya.

(Foto: ran/pasjabar)

Berdasarkan hasil sidang terbuka Ceno Hersusetiokartiko dinyatakan lulus dan mendapatkan IPK akhir 3.77 dengan yudisium sangat memuaskan.

Kesan Ceno Hersusetiokartiko Selama Kuliah di Pascasarjana Unpas

(Foto: ran/pasjabar)

Ceno mengaku sangat senang bisa kuliah Pascasarjana Unpas karena tempatnya nyaman dan dosen beserta civitas akademiknya sangat baik.

“Dosen dan civitas akademiknya sangat baik, membantu saya menyelesaikan disertasi ini tanpa kurang apapun. Jadi dipermudah informasinya juga,” kata Ceno.

Ia berharap ke depannya Unpas bisa bekerjasama dengan para Aparatur Sipil Negara, karena menurutnya ASN membutuhkan untuk peningkatkan kapasitas potensi. “Salah satunya dengan melalui kuliah di Unpas,” ucapnya. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Mantan Kapten Red Sparks Dipecundangi Megawati dkk di Laga Pertama KOVO Cup 2024

WWW.PASJABAR.COM -- Laga pertama KOVO Cup 2024 grup B di Teongyeong Gymnasium, Korea Selatan telah…

44 menit ago

Gagal Finis di Sirkuit Mandalika, Marc Marquez Kritik Penggunaan APAR

WWW.PASJABAR.COM -- Kembali alami nasib sial di sirkut Mandalika, pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez mengkritik…

2 jam ago

Dikdik S Nugrahawan Janji Tingkatkan Layanan Kesehatan Warga Cimahi Lewat BPJS

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wali Kota Cimahi Nomor Urut 1, Dikdik S Nugrahawan mengaku memiliki…

2 jam ago

Al Nassr Tumbangkan Al Rayyan, jadi Kemenangan Perdana Cristiano Ronaldo di Liga Champions Asia 2024/2025,

WWW.PASJABAR.COM -- Cristiano Ronaldo mencetak gol perdananya di Liga Champions Asia 2024/2025. Tim yang digawangi…

3 jam ago

Bentrokan Geng Motor di Batujajar, Satu Orang Tewas dan Pelaku Tertangkap Saat Bersembunyi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Keributan antar berandalan geng motor di kawasan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, menelan…

3 jam ago

Legenda Timnas Inggris Kebingungan dengan Pemikiran Erik ten Hag

WWW.PASJABAR.COM -- Legenda Timnas Inggris Alan Shearer kebingungan dengan pemikiran pelatih Manchester United, Erik ten…

4 jam ago