HEADLINE

Dies Natalis ke-25, Pascasarjana Unpas Bakal Tambah Aksesibilitas Maba S2

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Dies Natalis Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) yang ke-25 digelar di Aula Mandala Saba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung pada Kamis (22/2/2023). Dies Natalis ini dihadiri oleh kurang lebih 500 orang.

(Foto: ran/pasjabar)

Acara Dies Natalis Pascasarjana Unpas yang ke-25 tahun ini mengundang Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan, Ketua dan Sekretaris YPT Pasundan, Ketua YPDM Pasundan, Rektor Unpas, para Wakil Rektor Unpas, para Dekan Unpas, Pimpinan Bank bjb Cabang Tamansari, Pimpinan BMT, Ketua Penasehat IIKU, Ketua dan Anggota IIKU Pascasarjana Unpas, Ketua dan Sekretaris Prodi S2 dan S3, Ketua dan Sekretaris P3M Pascasarjana Unpas, Ketua Pusat Promosi dan Kerjasama, Ketua Pengelola Kelas Kerjasama, Ketua Pengelola Tumitin, Ketua dan Sekretaris Lab Bahasa, para dosen tetap Pascasarjana Unpas serta karyawan Pascasarjana Unpas.

(Foto: ran/pasjabar)

Direktur Pascasarjana Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU mengatakan pada Dies Natalis Pascasarjana Unpas ke-25 akan menambah aksesibilitas untuk mahasiswa baru S2 yang merupakan lulusan Unpas dan cumlaude hanya membayar 50 persen saja.

“Jadi kita harus mengapresiasi bagi lulusan-lulusan Unpas yang cumlaude pada waktu wisudanya. Nah itu mendapatkan privilege hanya membayar 50 persen apabila yang cumlaude itu masuk S2 di Pascasarjana Unpas,” katanya.

Selain untuk lulusan Unpas yang cumlaude, hal ini juga berlaku bagi para guru di bidang tertentu khususnya di lingkungan YPDM yang akan melanjutkan S2 di Pascasarjana Unpas.

Pascasarjana Unpas Bakal Tambah Prodi Doktor

Disamping itu, Pascasarjana Unpas ke depan akan meningkatkan akselerasi prodi-prodi menjadi unggul. Terdekat pihaknya akan meningkatkan Prodi Matematika menjadi unggul. Pascasarjana Unpas juga ke depan berencana akan menambah lagi prodi Doktor, diantaranya Doktor Ilmu Komunikasi, Doktor Teknik dan Doktor Pendidikan Keguruan.

(Foto: ran/pasjabar)

Rektor Unpas Prof. Dr. H. Azhar Affandi, S.E., M.Sc. berharap eksistensi Pascasarjana Unpas terus berkembang dan jadi terunggul di wilayah LLDIKTI IV Jabar dan Banten.

“Semoga lulusan Pascasarjana Unpas memiliki peran di masyarakat dan menjaga nama baik unpas di tingkat nasional maupun internasional. Diharapkan juga Pascasarjana Unpas ini menjadi sarana pemberdayaan bagi para dosen dan guru besar karena Unpas sudah bertambah guru besarnya,” harapnya.

(Foto: ran/pasjabar)

Ketua PB Paguyuban Pasundan Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si menuturkan merasa bangga terhadap Pascasarjana Unpas karena banyak guru besar di dalamnya.

“Semoga Pascasarjana Unpas lebih meningkatkan tekatnya untuk maju terus ke depan. Mudah-mudahan ke depan ada kontribusi untuk pembangunan dan ini adalah perjuangan yang keras,” harap Prof. Didi.

(Foto: ran/pasjabar)

Acara Dies Natalis Pascasarjana Unpas yang ke-25 ini diisi dengan tausiyah dari Ustadz Dr. H. Tata Sukayat, M.Ag. Selain diisi dengan tausiyah Pascasarjana Unpas juga memberikan penghargaan 25 Tahun Pascasarjana Mengabdi yaitu Perintis, Program Studi Mengabdi dan Tendik Mengabdi. Sebelum menutup acara, Pascsarjana Unpas membagikan doorprize.

(Foto: ran/pasjabar)

Penghargaan

1. Penghargaan Layang Pangajen Abdiwada Adarma diberikan kepada Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si. atas jasa-jasanya dalam membangun memikirkan, mengembangkan, dan mendorong Pascasarjana Unpas sejak tahun 1999-2024.

(Foto: ran/pasjabar)

2. Penghargaan Layang Pangajen Adiwignya diberikan atas keilmuan, berdasarkan peringkat akreditasi kepada seluruh prodi yang turut serta berpartisipasi mengabdi dan mengembangkan ilmu bagi kemaslahatan negara dengan keunggulannya masing-masing.

(Foto: ran/pasjabar)

Kategori Prodi Terakreditasi A

  • Magister Ilmu Hukum (mengabdi 22 tahun)

Kategori Prodi Terakreditasi Baik Sekali

  • Doktor Ilmu Manajemen (mengabdi 17 tahun)
  • Doktor Ilmu Sosial (mengabdi 17 tahun)
  • Doktor Ilmu Hukum (mengabdi 12 tahun)
  • Magister Administrasi dan Kebijakan Publik (mengabdi 25 tahun)
  • Magister Manajemen (mengabdi 24 tahun)
  • Magister Teknik Industri (mengabdi 23 tahun)
  • Magister Teknik Pangan (mengabdi 20 tahun)
  • Magister Teknik Mesin (mengabdi 12 tahun)
  • Magister Ilmu Komunikasi (mengabdi 10 tahun)
  • Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (mengabdi 10 tahun)
  • Magister Akuntansi (mengabdi 7 tahun)
  • Magister Kenotariatan (mengabdi 7 tahun)

Kategori Prodi Terakreditasi Baik

  • Magister Pendidikan Matematika (mengabdi 16 tahun)

3. Penghargaan Layang Pangajen Bakti Agyat diberikan kepada karyawan yang telah mengabdi di Pascasarjana Unpas dengan kinerja, loyalitas, dan disiplin terbaik.

(Foto: Istimewa)

4. Penghargaan Layang Pangajen Bakti Prasiddhi diberikan kepada karyawan yang telah membawa nama Pascasarjana Unpas berprestasi di luar kampus pada periode 2023-Februari 2024

(Foto: Istimewa)

5. Penghargaan Layang Pangajen diberikan kepada civitas akademika Pascasarjana Unpas atas pengabdiannya dalam penyelenggaraan berbagai aktivitas di Pascasarjana Unpas.

(Foto: Istimewa)

(ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

47 menit ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

50 menit ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

4 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

11 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

12 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago