HEADLINE

Menelusuri Darah Indonesia yang Mengalir di Tubuh Thom Haye, Maarten Paes, dan Ragnar Oratmangoen

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Thom Haye, Maarten Paes, dan Ragnar Oratmangoen santer disebut akan memperkuat Timnas Indonesia melalui program naturalisasi.

Salah satu syarat agar bisa dinaturalisasi menjadi WNI adalah memiliki garis keturunan Indonesia. Lantas darimanakah darah Indonesia yang mengalir di tubuh tiga calon pemain naturalisasi?

Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham RI, Cahyo Rahadian Muzhar, menyampaikan silsilah keturunan ketiga pemain itu dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, Kamis (7/3).

Untuk Thom Haye, pemain klub Belanda Heerenven itu memiliki keturunan Indonesia dari sang kakek yang lahir di Solo, Jawa Tengah. Selain itu, nenek Haye juga lahir di Indonesia, tepatnya di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa.

“Thom Jan Marinus Haye memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek yang lahir di Solo tanggal 30 Desember 1925 dan nenek yang lahir di Kawangkoan 21 September 1933,” kata Cahyo.

Sedangkan Ragnar Oratmangoen, disebut Cahyo, merupakan keturunan Maluku. Sang kakek merupakan pria kelahiran Ambon.

“Ragnar Martinus Maria Oeratmangoen memiliki garis keturunan dari kakek yang lahir di Ambon, Maluku tanggal 3 November 1925,” ujar Cahyo.

Kemudian Maarten Paes yang kini membela klub MLS FC Dallas, adalah cucu dari neneknya yang lahir di Jawa Timur, tepatnya di Kota Pare.

“Maarten Vincent Paes memiliki garis keturunan dari nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940,” tutur Cahyo.

Naturalisasi Thom Haye, Maarten Paes, dan Ragnar Oeratmangoen sudah disetujui oleh Komisi X dan Komisi III DPR RI. Dengan situasi ini, maka proses naturalisasi ketiganya akan berlanjut ke tahap berikutnya yaitu menunggu keputusan Presiden RI untuk kemudian menjalani sumpah setia sebagai WNI.

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali berharap ketiga pemain tersebut bisa menjalani pengambilan sumpah WNI pada 12 Maret agar bisa didaftarkan membela Timnas Indonesia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret mendatang.

pri

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

5 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

6 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

6 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago