PASPENDIDIKAN

Unpad Buka Pendaftaran Seleksi Kerja Sama untuk Mahasiswa Baru

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Seleksi Mandiri Program Sarjana, Sarjana Terapan dan Program Pascasarjana 2024 melalui kerja sama telah dibuka pendaftarannya oleh Universitas Padjadjaran (Unpad).

Seleksi kerja sama ini dikhususkan bagi peserta yang direkomendasikan oleh lembaga atau institusi. Serta peserta ini sudah menjalin kerja sama Tridarma Perguruan Tinggi dengan Unpad melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU).

“Syarat utama adalah lembaga perekomendasi harus punya MoU Tridarma PT dengan Unpad. Serta kerja sama pengembangan sumber daya manusia ini merupakan salah satu bagian dari kerja sama Tridarma PT yang ada,” kata Kepala Kantor SMUP Ir. Anas, PhD yang dilansir dari unpad.ac.id pada Kamis (2/5/2024).

Anas menjelaskan, bentuk kerja sama utama yang dilakukan institusi atau lembaga tersebut dengan Unpad adalah implementasi dari program-program tridarma perguruan tinggi. Selain itu, kerja sama riset, pendidikan dan pengembangan SDM, fasilitasi pelaksanaan MBKM, pengiriman praktisi untuk memberikan kuliah secara rutin, hingga kerja sama pengembangan pemberdayaan masyarakat. Institusi terkait juga tidak terbatas di lembaga pendidikan saja.

“Silakan ajukan, nanti akan didahului oleh diskusi sesuai dengan perencanaan program-program Tridarma perguruan tinggi (Unpad). Kalau segala sesuatunya sudah dalam sepemahaman untuk ikut aktif dalam pembangunan pendidikan di Indonesia, kita tindaklanjuti dengan kerja sama tridarma,” kata Anas.

Kerja Sama Pengembangan SDM

Anas menjelaskan untuk kerja sama pengembangan SDM, khususnya Program Sarjana/Sarjana Terapan dan Pascasarjana, rekomendasi calon peserta seleksi mandiri silahkan disesuaikan dengan kriteria institusi bersangkutan. Apabila calon peserta sudah mendapatkan rekomendasi dari institusi tersebut, maka yang bersangkutan dapat mendaftar ke Unpad melalui seleksi kerja sama.

“Yang boleh mendaftar seleksi kerja sama adalah mereka yang direkomendasikan,” imbuhnya.

Kendati demikian, calon peserta tetap akan diseleksi Unpad berdasarkan skema mengikuti ujian SMUP atau menggunakan basis nilai UTBK dan rapor. Proses seleksi akan dilakukan antar peserta seleksi kerja sama.

“Misalnya ada banyak peserta yang mendaftar ke satu prodi tertentu. Tidak mungkin semuanya masuk ke prodi itu karena ada daya tampung SNBP, SNBT, dan seleksi mandiri yang lain. Ini tetap seleksi berdasarkan skor nilai tertinggi,” jelasnya.

Karena itu, bagi calon peserta yang akan mendaftar ke seleksi kerja sama, tetap akan memilih untuk mengikuti skema ujian SMUP atau berdasarkan nilai UTBK dan rapor. Selain itu, Anas mengatakan, Unpad membuka diskusi bagi institusi atau lembaga mitra yang tertarik merekomendasikan calon mahasiswa melalui seleksi tersebut.

“Bagi lembaga atau mitra yang mau mengajukan kerja sama tridarma silakan hubungi Unpad. Kami terbuka nanti bagaimana diskusinya dalam perencanaan program – program tridarma,” pungkasnya. (ran)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Pj Bupati Cirebon Resmi di Lantik, Ini pesan Bey Machmudin

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Pejabat Bupati Cirebon yang dijabat oleh Wahyu Mijaya kini sudah resmi di lantik…

29 menit ago

Direktur Pascasarjana Unpas Ingin Calon Wisudawan Jadi Pionir Perubahan

*) Pelepasan 183 Calon Wisudawan Pascasarjana Unpas BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Direktur Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas)…

1 jam ago

Laman PPDB Kota Bandung Dibuka, Simak Ketentuannya!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung telah memulai akses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB)…

2 jam ago

Bacagub Jabar Bima Arya Lakukan Kunjungan ke Partai Golkar Jawa Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Mantan Walikota Bogor Bima Arya melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor DPD Partai Golkar…

3 jam ago

Santri Bisa Dapat Beasiswa Non Degree Guna Perkuat Penguasaan Digital

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Kementerian Agama sedang menyiapkan program beasiswa non degree guna penguatan literasi dan kompetensi…

4 jam ago

Kemenag Umumkan Peta Jalan Direktorat Pendidikan Agama Islam

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Kementerian Agama (Kemenag) telah menyelesaikan peta jalan Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) di…

5 jam ago