HEADLINE

LLDIKTI Ingatkan Guru Besar Tak Langgar Kode Etik Akademik

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMKepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU. ingatkan Guru Besar agar tak langar kode etik akademik. Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri pengukuhan dua Guru Besar Unpas yang diselenggaran di Aula Unpas, Jalan Jl. Tamansari No.6-8, Sabtu (4/5/2024).

“Guru Besar itu justru sebagai penjaga terhadap kualitas Pendidikan, sehingga pemerintah sudah ada mekanismenya, jadi jika suatu saat ternyata guru besar itu melanggar kode etik akademik yang seharusnya dijaga atau dia melanggar atau melanggar etik moral, maka Menteri berhak mencabut status Guru Besarnya,” tegasnya.

Diungkapkannya hingga saat ini ada beberapa Guru Besar yang memang dicabut kembali hak dan statusnya oleh Kemendikbud. “Namun itu diwilayah lain, sejauh ini di Jawa Barat tidak ada,” paparnya.

Oleh karenannya, ia berharap semakin banyak Guru Besar yang lahir, maka negara berharap kontribusi mereka karena negara pun memberikan kontribusnya dalam bentuk tunjangan kehormatan guru besar.

“Sehingga Guru Besar pun harus berkontribusi melahirkan lulusan yang berkualitas dan kedua harus juga produkif mengembangkan ilmu pengetahuan sepanjang hayat dan juga ilmunya bermanfaat untuk masyarakat, industry dan pemerintahan,” jelasnya.

Sebagai kampus dengan jumlah Guru Besar terbesar di Jabar dengan akreditasi unggul maka Guru Besar harus memajukan Unpas.

”Jangan hanya mengurusi, yakni mendorong Unpas untuk maju, sedangkan mengurusi itu membuat kurus Unpas. Jadi saya berharap semakin banyak Guru Besar itu tidak menjadi beban tetapi justru menjadi amunisi bagi Unpas untuk selalu maju,” ungkapnya. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Marak Aksi Tawuaran Antar Remaja, DPRD Kota Bekasi Beri Perhatian

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kenakalan remaja di Kota Bekasi sudah masuk kategori darurat, jadi bom waktu…

4 menit ago

Rektor Unpas Ingin Lulusan Miliki Sertifikasi Kompetensi

*)Sebanyak 1241 Mahasiswa Unpas Dilantik Menjadi Sarjana BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM –  Rektor Universitas Pasundan (Unpas) Prof.…

1 jam ago

Dua Wakil Indonesia Berburu Tiket Final Thailand Open 2024

www.pasjabar.com - Hanya tersisa dua wakil Indonesia di semifinal Thailand Open 2024. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas…

3 jam ago

Tragis Kekalahan Mengejutkan, Indonesia Sisakan 2 Wakil Jaga Asa Raih Gelar

www.pasjabar.com - Seluruh wakil Indonesia telah menyelesaikan rangkaian pertandingan pada babak perempat final Thailand Open…

3 jam ago

Penyesalan Rehan/Lisa Usai Dikalahkan Underdog

www.pasjabar.com - Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati harus menerima kekalahan menyakitkan…

3 jam ago

Kemenag Gelar Hari Sejuta Kiblat, Ini Tanggalnya!

BANDUNG,WWW.PASJABAR.COM-- Kementerian Agama (Kemenag) akan mengadakan acara pengukuran arah kiblat  atau Hari Sejuta Kiblat pada…

3 jam ago