HEADLINE

Drama Kartu Merah Shin Tae-yong Dianggap Jenius

ADVERTISEMENT

www.pasjabar.com — Meski berbuah kartu merah, namun aksi Shin Tae-yong saat laga Timnas Indonesia vs Guinea di playoff Olimpiade Paris 2024 justru mendapat respons positif dari salah satu analis Amerika Serikat.

Seperti diketahui pada babak playoff Olimpiade Paris 2022 hari Kamis (09/05/24) kemarin, Timnas Indonesia telan kekalahan tipis 0-1 dari Guinea.

Dalam laga yang berlangsung di Stade Pierre Pibarot tersebut, gol semata wayang tim lawan dicetak oleh Ilaix Moriba melalui titik putih menit 29′.

Dengan hasil ini, Guinea pun berhak tampil di Olimpiade Paris 2024 dan akan tergabung di Grup A bersama Prancis, Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Sedangkan Timnas Indonesia masih harus menunggu hingga empat tahun mendatang untuk bisa kembali bersaing mendapatkan jatah lolos ke Olimpiade.

Dibalik kekalahan yang diderita Timnas Indonesia semalam, terdapat satu insiden yang jadi sorotan yakni saat pelatih Shin Tae-yong mendapat kartu merah.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mendapat dua kartu kuning beruntun lantaran protes keras atas keputusan wasit yang memberikan Guinea penalti kedua.

Menariknya, meski harus kartu merah yang diterima Shin Tae-yong tersebut merugikan Timnas Indonesia, namun di mata pengamat asing hal itu malah dianggap sebuah taktik jenius.

Adalah Ben Griffis, pengamat dari Amerika Serikat ini memuji drama Shin Tae-yong hingga berbuah kartu merah di penghujung babak kedua.

Menurut Ben Griffis, apa yang dilakukan Shin Tae-yong sangat nekat namun juga menguntungkan Timnas Indonesia.

Pasalnya, dengan drama yang ia buat hingga mendapatkan kartu merah, menjadikan skuad Garuda Muda punya tambahan waktu cukup banyak untuk mengejar ketertinggalan.

Ditambah lagi eksekusi penalti Guinea gagal berbuah gol. Jika saja para penggawa Garuda Muda bisa lebih tenang, bisa jadi mereka mampu menyamakan kedudukan jelang pertandingan berakhir.

“Trik tambahan waktu 7 menit yang dilakukan Shin Tae-yong benar-benar berhasil,” ucap Ben Griffis.

Shin Tae-yong’s icing Guinea’s penalty taker after being sent off and fans are chanting his name ?? Love this guy— Ben Griffis (@BeGriffis) May 9, 2024.

Sementara itu pasca kekalahan di babak playoff Olimpiade Paris 2024, kini Shin Tae-yong bakal memiliki tugas lain bersama Timnas Indonesia senior.

Sang pelatih harus segera mempersiapkan diri membawa Timnas Indonesia senior tampil di babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah itu, skuad Garuda akan mentas di ajang Piala AFF 2024 yang mulai bergulir akhir tahun nanti.

pri

Recent Posts

Penurunan Harga Pangan, Cabai Rawit Merah Turun 2,16 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) melaporkan penurunan harga mayoritas komoditas pangan pada Jumat…

26 menit ago

Pemkot Bandung Atur Jam Operasional untuk Atasi Kemacetan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara, akan segera menetapkan kebijakan utama untuk…

1 jam ago

Harga Cabai Rawit di Kota Bandung Melonjak, Pemkot Klaim Masih Stabil

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga kebutuhan pokok di Kota Bandung mulai mengalami kenaikan, salah satunya adalah…

2 jam ago

KPU Bandung Barat Terima 1,3 Juta Surat Suara untuk Pilkada Serentak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat telah menerima lebih dari 1,3…

3 jam ago

Arti Keadilan Sosial

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) – Keadilan Sosial…

4 jam ago

Persib Tak Gentar Berjuang ‘Sendirian’

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung tidak gentar berjuang 'sendrian' menjamu Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga…

5 jam ago