HEADLINE

Gawat! Akses Jalan Utama di Gununghalu Terputus Longsor

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBencana longsor memutus jalan utama Bandung Barat-Cianjur tepatnya di Kampung Tugu, RW 01 RT 05 Desa Cilanggari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Akibat bencana ini, mobilitas warga menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor tak bisa melewati jalur ini.

Longsor menggerus habis kontruksi jalan sepanjang 100 meter. Bukan hanya aspal, bongkahan tanah, batu, dan sejumlah pohon besar ikut terbawa longsor. Jalan milik Pemda Bandung Barat ini berada di dua desa yakni Cilanggari dan Sindangjaya. Akses ini baru saja diperbaiki beberapa bulan terakhir menggunakan biaya pinjaman dari PT SMI.

“Betul lompuh total jalan kabupaten. Akses Cianjur-Bandung Barat gak bisa dilewati. Paling pakai motor memutar jauh,” kata Kepala Desa Cilanggari H. Sabana saat dihubungi, Selasa (14/5/2024).

Peristiwa longsor di Gununghalu ini terjadi Selasa dini hari sekira pukul 03:00 WIB. Kejadian ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi sangat panjang. Ditambah kontur tanah labil dengan kemiringan cukup curam, sehingga saat diterjang air hujan langsung ambrol.

“Memang tadi malam hujannya besar sekali. Ditambah waktunya cukup panjang, hujan gak berhenti sejak pukul 20:00 WIB sampai 03:00 dini hari,” papar Sabana.

Saat ini aparat kewilayahan bersama masyarakat melakukan pembersihan material longsor menggunakan alat tradisional. Jalan tertutup total belum bisa dilalui karena membutuhkan alat berat untuk membersihkan material longsoran. Selain itu untuk perbaikan perlu penguatan kontruksi dan membangun jalan baru.

“Bayak masyarakat beraktivitas ekonomi dan pendidikan gak jadi berangkat. Kita memberi arahan kepada warga agar senantiasa waspada akan adanya kejadian bencana tanah longsor susulan,” tandasnya. (uby)

Uby

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

5 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

7 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago