PASPENDIDIKAN

Unpad Membuka Seleksi Kerja Sama, Undang Talenta Terbaik

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Sarjana Terapan di Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui jalur Seleksi Kerja Sama dibuka dari 29 April hingga 16 Juni 2024. Jalur ini tersedia bagi calon mahasiswa yang mendapatkan rekomendasi dari lembaga atau institusi yang memiliki kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi dengan Unpad.

Menurut Kepala Kantor SMUP, Ir. Anas, PhD., pendaftaran Seleksi Kerja Sama dapat dilakukan melalui dua jalur yaitu UTBK dan ujian. Kedua jalur ini juga menggunakan nilai rapor semester 1-5 sebagai bagian dari penilaian.

Secara umum, persyaratan pendaftaran sama dengan jalur UTBK dan ujian pada seleksi Mandiri. Jalur UTBK diperuntukkan bagi peserta yang mengikuti atau memiliki nilai UTBK 2024. Jika tidak mengikuti UTBK 2024, peserta dapat mengikuti jalur ujian yang akan dilaksanakan secara daring pada 29-30 Juni 2024.

Salah satu persyaratan penting dalam seleksi ini adalah surat rekomendasi dari lembaga atau institusi yang memiliki kerja sama dengan Unpad di bidang riset, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini dibuktikan dengan Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak.

“Persyaratan lainnya hampir mirip dengan Seleksi Mandiri skema UTBK maupun ujian,” ujar Anas dalam acara Ayo Kenal Unpad ‘Seleksi Kerja Sama Universitas Padjadjaran’ yang disiarkan di YouTube Unpad pada Rabu, 15 Mei 2024.

Anas juga mengingatkan pendaftar untuk memperhatikan ketentuan saat mengisi formulir pendaftaran, terutama dalam memilih jalur seleksi yang sesuai.

“Jangan lupa bagi peserta yang eligible untuk yang kelas kerja sama termasuk mendapat rekomendasi, nanti pilih di Seleksi Kerja Sama, jangan di seleksi Mandiri karena di dalam isiannya itu agak berbeda,” ujar Anas.

Anas menambahkan bahwa kapasitas penerimaan di setiap program studi berbeda-beda, dengan maksimal 20% dari kuota Mandiri yang dapat diterima melalui jalur kerja sama ini.

“Maksimal itu 20% dari kuota Mandiri yang kita bisa terima dari jalur kerja sama ini,” jelasnya.

Pendaftaran seleksi ini dapat dilakukan melalui https://admission.unpad.ac.id/. Sebelum mendaftar, peserta perlu memahami ketentuan pendaftaran yang informasinya dapat diakses di smup.unpad.ac.id (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

51 menit ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

55 menit ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

4 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

11 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

12 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago