PASPENDIDIKAN

Mahasiswi Unpas Ini Terpilih Jadi Mojang Pinilih Kabupaten Sumedang 2024

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unpas (Universitas Pasundan), Nurul Aprilia, berhasil masuk babak grand final Pasanggiri Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Sumedang 2024 dan terpilih sebagai Mojang Pinilih Tahun 2024 pada Minggu (28/4/2024) lalu.

“Saya bersyukur, karena tidak mudah ada di posisi ini, bersaing dengan para Nonoman Sumedang terbaik. Menjadi Mojang Pinilih Kabupaten Sumedang tentunya adalah buah hasil kerja keras, ikhtiar, serta doa yang selalu aku utamakan,” ujar Nurul dilansir dari situs resmi Unpas pada Sabtu (25/5/2024).

Nurul menceritakan bahwa tahun sebelumnya ia sempat mendaftar untuk ajang tersebut, namun harus mundur karena jadwal karantina bentrok dengan ujian di kampus.

“Jadi aku lebih pendidikan dulu dan lebih pilih ikut ujian,” katanya.

Sebelum mencapai babak grand final, perempuan yang akrab disapa April ini menjelaskan bahwa ada beberapa tes yang harus dihadapi peserta, seperti wawancara, psikotes, pakem moka, pengetahuan umum, dan unjuk kabisa.

Peserta juga melakukan kunjungan ke Museum Sumedang, Pabrik Tahu Bungkeng, dan melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan para pelaku ekonomi kreatif. Pada babak grand final, peserta kembali diuji dengan pertanyaan dari dewan juri.

“Aku unjuk kabisanya jadi news anchor sama tari jaipong sesuai bakat dan potensi yang aku punya. Terus pas grand final, di sanalah penentuan penilaian kita setelah 4 hari melakukan test saat di karantina,” jelasnya.

Menurutnya, kepercayaan diri adalah kunci sehingga mahasiswi Ilkom yang tengah menginjak semester 6 ini terpilih menjadi Mojang Pinilih Kabupaten Sumedang Tahun 2024.

Selain sebagai mahasiswi, Nurul saat ini bekerja sebagai news anchor dan presenter di MNC Media Group, khususnya di iNews, MNC TV, GTV, dan RCTI biro Jawa Barat.

Ia juga pernah masuk nominasi presenter favorit KPID Jabar Awards 2023 dan aktif menjadi MC di beberapa acara. April memulai karir jurnalistiknya di SMTV dari 2019-2022.

Nurul juga terampil membawakan berita dalam Bahasa Sunda yang dipelajarinya secara otodidak, membuatnya terpilih sebagai Duta Kampus Unpas.

Sejak SD, Nurul sering memenangkan lomba pidato, mendongeng, puisi, dan tari jaipong. Ia juga hobi mendengarkan musik dan berakting di beberapa film pendek. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Jay Idzes Perkuat Timnas Indonesia saat Lawan Jepang

WWW.PASJABAR.COM -- Jay Idzes dipastikan bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Jepang dalam lanjutan Kualifikasi…

23 menit ago

Persaingan Group C yang Semakin Ketat dan Penuh Intrik

WWW.PASJABAR.COM -- Persaingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus Grup C Zona Asia sangat…

1 jam ago

Edo dan Ciro Bawa Persib Menang 2-0 atas Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akhirnya kembali merasakna kemenangan. Dua gol kemenangan Persib dicetak masing-masing…

2 jam ago

AFC Tanggapi BFA yang Menolak Bermain di Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia telah merespon permohonan Asosiasi Sepak Bola Bahrain…

3 jam ago

Raker Paguyuban Pasundan, Transformasi Paguyuban Pasundan Menuju Indonesia Emas 2045

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pengurus Besar Paguyuban Pasundan menggelar rapat kerja (Raker) Paguyuban Pasundan bertema Transformasi…

4 jam ago

Satu Tahun Beroperasi, Kereta Cepat Whoosh Angkut 5,8 Juta Penumpang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat pencapaian signifikan dengan mengangkut 5,8…

4 jam ago