PASPENDIDIKAN

DKV Unpas Gelar Acara Drawing On The Street di Braga

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pasundan atau Unpas baru-baru ini menggelar acara “Drawing on the Street” di Jalan Braga.

Acara ini merupakan bagian dari mata kuliah lanjutan di Prodi DKV dan diikuti oleh 65 mahasiswa DKV semester 2.

Purmaningrum Maeni, Ketua Program Studi DKV Unpas, menjelaskan bahwa kegiatan menggambar di luar kelas ini rutin dilakukan untuk menghindari kebosanan dan memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa.

“Menggambar di luar kelas rutin dilakukan agar tidak bosan di dalam kelas serta memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa. Terutama interaksi dengan lingkungan sekitar. Mahasiswa diharapkan bisa menangkap bentuk, gestur, ekspresi, suasana, nuansa, mood, pesan dan komunikasi yang di aplikasikan pada visual atau gambar,” ujarnya dilansir dari situs Unpas, Selasa (11/6/2024).

Tema kegiatan “Drawing on the Street” kali ini adalah “Suasana Pedistrian Jalan Braga”. Braga dipilih karena merupakan salah satu wisata sejarah dan landmark Kota Bandung dengan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang khas.

“Selain melatih skill dalam menggambar, diharapkan mereka bisa peka pada lingkungan sekitar, interaksi dengan pejalan kaki dan meningkatkan kepercayaan diri,” tambah Ningrum.

Respon warga sekitar sangat positif dan kegiatan ini menarik perhatian wisatawan yang sedang berjalan kaki di Braga.

“Mereka bertanya bahkan ada yang ikut gabung menggambar, ada juga turis luar negeri yang berinteaksi dengan beberapa mahasiswa dan mengapresiasi kegiatan ini,”ujarnya.

Selain itu, Prodi DKV Unpas juga mendapat kepercayaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung untuk membuat mural di kawasan Braga, terutama di Kampung Wisata Kreatif Braga dengan tema “Warisan Budaya dan Sejarah”.

“Rencana mural sebenarnya muncul sebelum kegiatan Drawing on the Street ini, tetapi kebetulan hari itu kita survei lokasi bersama perwakilan warga dan perwakilan dari Disbudpar Kota Bandung untuk kegiatan mural. Saat ini dalam tahap koordinasi konsep dan pembuatan PKS pengabdian masyarakat dalam mural prodi DKV,” terangnya.

Akmal, salah satu mahasiswa DKV Unpas semester 2, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan merupakan pengalaman baru baginya.

“Karena Braga merupakan salah satu tempat iconic di Kota Bandung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota,” kata Akmal. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

12 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

12 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago