PASNUSANTARA

Tiga Ekor Sapi Kota Bandung Terpilih Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pada tahun ini, tiga ekor sapi milik peternak dari Kota Bandung terpilih sebagai hewan kurban Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi.

Sapi-sapi jenis simental dan limosin yang terpilih sebagai hewan kurban Jokowi ini memiliki bobot sekitar 1,2 ton dan telah melewati proses seleksi yang ketat sebelum dinyatakan layak sebagai hewan kurban presiden.

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Wilsandi Saefullah, sapi-sapi tersebut dipilih setelah berbagai proses seleksi dan pengecekan kesehatan.

Proses seleksi melibatkan penjaringan dari level provinsi hingga pemeriksaan oleh tim Kepresidenan, termasuk pemeriksaan tinggi badan, lingkar badan, dan tes darah di laboratorium.

“Sapi yang diminati Presiden tersebut adalah milik peternak bernama Vandry Dwitama dari Cibiru, Kota Bandung. Ketiga sapi tersebut diberi nama Ganesha, Ragasa, dan Gerengseng,” kata Wilsandi dilansir dari situs Pemkot Bandung, Jumat (14/6/2024).

Detail berat ketiga sapi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ganesha: 1.103 kg
  • Ragasa: 1.130 kg
  • Gerengseng: 1.188 kg

Ketiganya memiliki harga sekitar Rp100 juta masing-masing. Keberhasilan sapi-sapi ini menjadi hewan kurban presiden merupakan suatu kebanggaan bagi Kota Bandung, mengingat ini bukan pertama kalinya sapi dari kota ini terpilih sebagai hewan kurban presiden. Pada tahun 2022 dan 2023, satu ekor sapi dari Kota Bandung juga terpilih.

Rencananya, ketiga sapi tersebut akan disembelih di lokasi-lokasi yang berbeda, yakni di Istana Cipanas, Masjid Istiqlal, dan Masjid Raya Al Jabbar.

Dengan pemilihan ini, diharapkan dapat memberikan kebanggaan bagi para peternak lokal dan memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kualitas peternakan mereka. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

44 menit ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

2 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

2 jam ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

3 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

3 jam ago