PASPENDIDIKAN

PPDB Jabar Tahap 1 Berjalan Baik dan Diumumkan Hari Ini

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahap 1 Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2024 berjalan dengan baik dan lancar. Sementara itu, pengumuman hasil seleksi PPDB tahap 1 diumumkan hari ini, Rabu, (19/6/2024).

Dilansir dari situs resmi Disdik Jabar, Plh. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, M. Ade Afriandi mengatakan bahwa PPDB Jabar tahap 1 berjalan lancar setelah meninjau pelaksanaan PPDB di seluruh wilayah Jabar.

Pada PPDB Tahap 1, yang berlangsung dari tanggal 3-7 Juni 2024, tercatat ada 312.297 pendaftar ke sekolah negeri (SMAN dan SMKN), sementara kuota sekolah negeri tersedia untuk 310.856 siswa.

Dari jumlah tersebut, sekitar 160.364 calon siswa baru mendaftar melalui sistem zonasi. Jalur afirmasi KETM ekstrem mencatat 3.320 pendaftar, dan ada 2.635 kuota khusus disediakan untuk calon peserta didik dari 16 kecamatan tanpa sekolah negeri maupun swasta dan 112 kecamatan yang tidak memiliki SMA/SMK negeri.

Ade Afriandi menjelaskan bahwa proses verifikasi dan validasi persyaratan serta dokumen pendaftaran sedang berlangsung, dengan rincian: 25 pendaftar belum diperiksa, 231 sedang diperiksa, 115 perlu perbaikan, 6.032 disetujui, dan 302.354 dinyatakan layak.

Untuk persiapan PPDB Tahap 2, yang akan dimulai dari tanggal 24-28 Juni 2024, Dinas Pendidikan Jabar menyiapkan tim IT yang siap memantau sistem selama 24 jam.

Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa keluhan masyarakat terkait gangguan sistem saat proses pendaftaran tidak terulang lagi di tahap 2.

“Ada tiga jalur penerimaan yang dibuka pada tahap 2, yakni jalur prestasi, afirmasi PDBK, dan perpindahan tugas orang tua,” ujar Ade.

Dengan persiapan yang matang ini, diharapkan PPDB Tahap 2 juga akan berjalan lancar dan sukses.

Sementara bagi siswa-siswi yang sudah mendaftar PPDB Jabar tahap 1, pengumuman hasil seleksi bisa dilihat secara daring.

Setelah dinyatakan lulus, peserta didik dapat melakukan daftar ulang. Tahapan daftar ulang dijadwalkan mulai tanggal 20-21 Juni 2024. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

7 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

8 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

10 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

10 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

10 jam ago