HEADLINE

Sidang Doktor Ilmu Sosial, Budi Darma Sumapradja tentang Akuntabilitas Publik Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMProgram Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial dengan kandidat Budi Darma Sumapradja, yang berlangsung di Aula Pascasarjana Unpas Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung, Rabu (19/6/2024).

Sidang Doktor Budi Darma Sumapradja Bidang kajian Administrasi Publik, diketuai oleh Rektor Unpas Prof. Dr. H. Azhar Affandi, S.E., M.Sc, Direktur Pascasarjana Unpas Prof. Dr.Ir. H. Eddy Jusuf Sp,M.Si.,M.Kom,IPU, ASEAN.Eng, Prof. Dr. H.M Didi Turmudzi M.Si (Penelaah/Penguji), Prof.Dr.H.Benyamin Harits, M.S (Penelaah/penguji), Prof.Dr.R Taqwaty Firdausijah,M.Si (Co Promotor), Prof. Dr.H.Kamal Alamsyah M.Si (Promotor), Prof.Dr.H.Soleh Suryadi,M.Si ((Penelaah/penguji).

Dengan judul Model Akuntabilitas Publik Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) Pada Dinas Sosial Provinsi Banten yakni membahas tentang penelitian akuntabilitas publik Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) pada Dinas Sosial Provinsi Banten dinilai tidak etektif.

“Motode penelitian yang digunakan dengan deskriptif kualitatif dan mengeksplorasi perilaku objek yang diteliti untuk menemukan gambaran yang mendalam tentang objek yang diteliti, dan teori dijadikan pendekatan terhadap masalah penelitian dengan sumber data primer dan data sekunder melalui observasi, analisis dokumentasi, wawancara mendalam dan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, cek, ricek dan konfirmasi antara hasil observasi, analisis dokumentasi dengan hasil wawancara,” paparnya.

Sementara itu, hasil penelitian dijelaskannya ada lima dimensi akuntabilitas publik yaitu dimensi: 1) hukum dan kejujuran, 2) program, 3) manajerial, 4) kebijakan dan 5) finansial, kesemuanya itu harus ada terintegrasi saling berkaitan.

“Terdapat Faktor-faktor yang menjadi kendala dan menghambat proses penyusunan akuntabilitas publik Jamsosratu diantaranya, yaitu pegawai kurang komitmen dan kapabilitas yang lemah, dan peran pimpinan kurang optimal,”tuturnya.

Sementara itu untuk model akuntabilitas publik Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu yang Efektif pada Dinas Sosial Provinsi Banten yaitu dengan model sistem. Efektifnya akuntabilitas publik jamsosratu, ditentukan oleh dimensi 1) akuntabilitas hukum dan kejujuran, 2) manajerial, 3) program, 4) kebijakan, 5) finansial, harus ada terlaksana, dan terintegrasi dengan pengawasan dan pengendalian dari pimpinan.

Modifikasi teori yang peneliti kemukakan, yaitu dengan menambahkan 2 (dua) dimensi, yatu 1) Dimensi Profesionalisme, dan 2) Dimensi kode etik sebagai wujud temuan hasil penelitian (Novelty). Temuan dari hasil penelitian ini sangat dominan menentukan akuntabilitas publik Jamsosratu pada Dinas Sosial Provinsi Banten. Substansi dari penelitian ini, bahwa akuntabilitas publik Jamsosratu pada Dinas Sosial Provinsi Banten efektif ditentukan oleh dimensi: 1) hukum dan kejujuran, 2) program, 3) manajerial, 4) kebijakan dan 5) finansial, 6) profesionalisme, 7) kode etik. Ke 7 (tujuh).

“Dari dimensi tersebut dapat terlaksana dengan model sistem akuntabilitas publik yang terintegrasi dengan sistem laporan akuntabilitas pemerintah selaras dengan kepentingan publik masyarakat Provinsi Banten sebagi wujud pemerintahan yang baik dan bersih,” katanya.

Dari sidang terbuka tersebut Budi Darma Sumapradja IPK sebelum sidang yakni 3.64, sedangkan IPK sidang terbuka 3.69 berdasarkan hasil sidang Budi dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.65 dengan yudisium sangat memuaskan.

“Amazing adalah kata yang tepat untuk Pascasarjana Unpas, karena saya tidak hanya merasa sebagai mahasiswa namun disini kita lebih seperti keluarga besar. Karena bimbingan promotor, co promotor dan penguji ini lebih menggap seperti anak sendiri,” tutupnya. (tie)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

29 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

59 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago