HEADLINE

Disnaker Kota Bandung Gelar Job Fair 2024, Daftar Segera Gratis!

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung kembali menggelar bursa kerja atau Job Fair 2024 di Grand Lodakarya Hall, Jalan Cicendo pada tanggal 25-26 Juni 2024 dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Dilansir dari situs resmi Pemkot Bandung, Jumat (21/6/2024), acara Job Fair 2024 Kota Bandung ini menyediakan 5.435 lowongan pekerjaan dari 40 perusahaan yang berbeda.

Kepala Disnaker Kota Bandung, Andri Darusman, menyatakan bahwa job fair ini terbuka untuk lulusan mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga S2.

Job fair ini tidak dipungut biaya alias gratis. Pendaftaran dilakukan melalui pemindaian barcode yang tersedia di akun Instagram @bdg.disnaker untuk mengisi data diri, atau bisa juga melalui website disnaker.bandung.go.id.

“Job Fair tahun ini akan diadakan kembali 2 kali. Mudah – mudahan bisa dimanfaatkan warga Bandung,” kata Andri.

“Kita harap bisa dimanfaatkan lulusan fresh graduate. Lulusan SMK atau SMA diharapkan bisa melamar jika tidak melanjutkan jenjang selanjutnya,” tambahnya.

Andri mengungkapkan bahwa bursa kerja ini diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dengan optimal. Pada tahun 2023, sebanyak 62,09 persen pencari kerja yang datang ke job fair ini berhasil mendapatkan pekerjaan.

Meskipun begitu, jumlah pengangguran di Kota Bandung masih cukup tinggi. Sebelum pandemi COVID-19, angka pengangguran berada pada 8,1 persen dan naik menjadi 11,46 persen atau lebih dari 160 ribu jiwa.

Pada tahun 2022, angka ini turun menjadi 9,5 persen, dan pada akhir tahun 2023 berdasarkan survei BPS tercatat 8,8 persen atau sekitar 116 ribu jiwa yang masih membutuhkan pekerjaan.

Andri juga menyebutkan bahwa dari jumlah pengangguran tersebut, sekitar 40 persen adalah lulusan SMK atau SMA. Job fair ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi para pencari kerja, terutama lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

3 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

4 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

5 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

5 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

6 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

6 jam ago