PASPENDIDIKAN

Kirim 31 Mahasiswa dan 3 Profesor, Tel-U Dorong Pembangunan Desa di Sumedang

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sedikitnya 31 mahasiswa Telkom University atau Tel-U mengikuti program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTMGRMD) yang tersebar di tujuh desa Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Mahasiswa belajar dan berkegiatan di luar kampus selama empat bulan dalam kuliah kerja nyata (KKN) tematik guna memberikan pengalaman belajar hidup di tengah masyarakat.

Rektor Tel-U Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si, M.Si., mengatakan bahwa KKN tematik dalam membangun desa di Kabupaten Sumedang selaras dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud-Ristek.

Perguruan tinggi LLDIKTI Wilayah IV serta Paguyuban Profesor berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Sumedang bergotong royong membangun desa sesuai potensi dan kompetensinya.

“Telkom University mendukung penuh program ini (PTMGRMD) dengan mengirimkan mahasiswa-mahasiswa kami. Kami sangat berharap KKN tematik membangun desa ini dapat mengasah softskills/kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin/keilmuan (lintas kompetensi), dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah perdesaan,” ungkap Adiwijaya.

Sedikitnya 31 mahasiswa Telkom University atau Tel-U mengikuti program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTMGRMD) yang tersebar di tujuh desa Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (foto: fal/pasjabar)

Kepala Bagian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Eng Muhammad Almaududi Pulungan, S.T., M.Eng., menambahkan selain mahasiswa Tel-U pun mengirimkan tiga profesor pada program ini yakni: (1) Prof. Jangkung Raharjo terkait pengolahan sampah; (2) Prof. Irfan Darmawan terkait peningkatan UMKM; dan (3) Prof. Augustina Asih Rumanti terkait peningkatan pariwisata.

KKN tematik membangun desa ini digelar selama empat bulan dimana untuk keberangkatan mahasiswa ke lokasi pada Senin, 19 Februari 2024, dan berakhir Sabtu, 15 Juni 2024.

Selama berkegiatan KKN di tujuh desa Sumedang, mahasiswa wajib menjalankan program sesuai dengan lima key perfomance indicator (KPI) yaitu zero new stunting, program inovasi, pusat kesejahteraan sosial, literasi masyarakat miskin ekstrem, dan one village one product (ovop).

Ketujuh desa tersebut tersebar di tiga kecamatan yakni (1) Desa Cilangkap, Kecamatan Buah Dua sebanyak empat mahasiswa; Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung tiga mahasiswa; (3) Desa Cimanggung, Cimanggung lima mahasiswa; (4) Desa Sindanggalih, Cimanggung enam mahasiswa; (5) Desa Bugel, Tomo tiga mahasiswa; (6) Desa Tomo, Tomo empat mahasiswa; dan (7) Desa Marongge, Tomo enam mahasiswa.

“Kami sangat berharap program PTMGRMD sebagai salah satu bentuk MBKM ini dapat berlanjut dengan cakupan yang lebih luas dan program yang lebih baik. Program ini sangat diperlukan untuk menumbuhkan empati dari mahasiswa yang sulit didapatkan hanya dari bangku kuliah,” ungkap Dudi.

Menurutnya, kemunculan empati dari mahasiswa akan melahirkan kreativitias dan produktivitas yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa setelah lulus nanti.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada LLDIKTI IV, Pemerintah Sumedang, dan panitia pelaksana atas penyelenggaran PTMGRMD tahun ini,” ucap Dudi. (fal)

Fal Ulul Ilmi

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

58 menit ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

1 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

4 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

11 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

12 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago