PASPENDIDIKAN

Unpas Bantu UMKM Florist Desa Karyawangi Lewat Program PKM

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Universitas Pasundan atau Unpas melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ke Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, untuk membantu beberapa petani dalam menghadapi tantangan mengenai pengembangan usaha bunga potong dan hias.

Dilansir dari situs Unpas, Sabtu (6/7/2024), warga Desa Karyawangi mulai mengembangkan bunga potong dan hias karena permintaan masyarakat yang meningkat.

Kecamatan Parongpong memang dikenal sebagai pusat budidaya tanaman hias.

Namun, para petani menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan peralatan yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi bunga potong dan hias.

Salah satu pengusaha UMKM, NMM Florist, yang didirikan pada 1997 oleh H.N Muhammad Mida, juga mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan konsumen di Kabupaten/Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Tim PKM dari Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Unpas, yang terdiri dari Ketua Pelaksana Drs. H. Abdul Rosid, M.Si, anggota Hj. Yayan Mulyana, S.Sos, M.Si, serta dua mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Unpas angkatan 2021, Romero Ulayya Aurelio Putra dan Rifa Salma Raida, menganalisis situasi, mengidentifikasi masalah, dan mencari solusi.

PKM ini dilaksanakan selama enam bulan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan didanai secara internal.

“Kegiatan ini dimulai dengan survei awal, wawancara dengan mitra, serta dokumentasi kegiatan. Metode kegiatan yang dilakukan melalui pemberian bimbingan teknis untuk meningkatkan kapasitas produk, pendampingan, dan fasilitasi usaha,” kata Abdul Rosid.

Abdul Rosid menjelaskan bahwa hasil PKM ini menunjukkan perubahan signifikan setelah pelatihan, bimbingan, dan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas produksi, termasuk penyediaan mesin dan peralatan untuk penyemprotan pestisida.

“Tim berharap bahwa kegiatan ini akan mempercepat peningkatan kapasitas usaha produk bunga potong dan hias di wilayah tersebut,” tuturnya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

2 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

3 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

4 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

5 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

6 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

7 jam ago