HEADLINE

Dewan Pers Ajak Paguyuban Pasundan Kolaborasi Bangun Pers Indonesia di Daerah

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMDewan Pers Indonesia mengajak Pengurus Besar(PB) Paguyuban Pasundan untuk berkolaborasi, dalam membangun pers Indonesia khususnya di daerah, dan juga di lingkungan pendidikan yang berada di bawah naungan PB Paguyuban Pasundan.

Hal tersebut disampaikan Anggota Dewan Pers Asep Setiawan, usai melakukan kunjungan dan bersilaturahmi ke PB Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera 41 Bandung, Jumat (12/7/2024).

Kunjungannya tersebut langsung diterima oleh Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof. Dr.H.M. Didi Turmudzi M.Si, didampingi Direktur Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU., ASEAN.Eng, Dosen Doktor Ilmu Sosial, Dr. H. Yaya Mulyana Abdul Azis, M.Si serta Direktur Utama PT Pasundan Kreatif Mandiri Jhon Hendra, M.Si.

Kunjungan Dewan Pers ke PB Paguyuban Pasundan. (Foto : ave/Pasjabar)

“Dari pertemuan ini ada beberapa gagasan dan usulan, salah satunya yakni bagaimana Paguyuban Pasundan bisa bersama-sama membangun pers Indonesia, melalui kegiatan-kegiatan bersama dewan pers. Salah satunya yang bisa dikolaborasikan yakni pengembangan pers kampus,” tutur Asep.

Menurutnya, hal itu dikarenakan Paguyuban Pasundan memiliki beberapa kampus di bawah naungannya yang tentunya sudah memiliki pers kampus.

“Karena kami Dewan Pers telah memiliki MoU dengan Kemendikbudikti, yaitu untuk pengembangan pers kampus, termasuk untuk pelatihan jurnalistik bagi para mahasiswa. Dan yang diharapkan kedepannya bisa menjadi keterampilan baru bagi mahasiswa, sekaligus melatih mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan jurnalistiknya,” ujarnya.

Selain itu dikatakan Asep, Dewan Pers bisa memberikan saran dan masukan untuk pengembangan jurnalistik, seperti untuk uji Kompetensi jurnalis.

“Dalam arti pelatihan atau Uji Kompetensi itu difasilitasi atau tuan rumah di Paguyuban Pasundan, karena memiliki infrastruktur yang bagus, ini bisa dikolaborasikan dan bisa asosiasikan dengan teman-teman di organisasi uji kompetensi atau di Lembaga UKW (Uji Kompetensi Wartawan), yang kemudian itu bisa menjadi bahan bagi Unpas atau Paguyuban Pasundan sebagai partisipasi membangun pers Indonesia,” jelas Asep.

Kunjungan Anggota Dewan Pers ke kantor Redaksi www.pasjabar.com.(Foto : rik/Pasjabar)

Sementara itu untuk pengembangan media yang berorientasi untuk ekonomi yang berada di bawah Paguyuban Pasundan yakni Pasjabar dan PasTv, Asep menyambut dengan baik, bahkan bisa menjadi jembatan bagi Paguyuban Pasundan dalam mengembangkan pers di Jawa Barat.

“Ada pun Paguyuan Pasundan sendiri yang memiliki media di bawahnya, ini bisa dikembangkan menjadi media yang membangun kemerdekaan pers dalam liputan-liputannya, namun juga memberikan nilai lebih, bagaimana secara keekonomian pers juga memberikan memberikan kontribusi terhadap pengembangan pers di Jawa Barat dan Paguyuban Pasundan sendiri,” tutupnya. (tie/ave)

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

11 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

13 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

13 jam ago