PASBUDAYA

Tim Muhibah Angklung Jawa Barat Menyuarakan Budaya ke Internasional

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebuah tim angklung dari Jawa Barat, dikenal sebagai Tim Muhibah Angklung, telah mengambil bagian dalam Festival Internasional Cantanhede di Portugal.

Mereka bertujuan untuk mempromosikan alat musik tradisional Indonesia ini dalam rangka misi budaya yang merentang ke tiga benua.

Dalam pernyataannya dikutip dari Antara News, Jumat (12/7/2024), Duta Besar RI untuk Portugal, Rudy Alfonso, menyampaikan apresiasinya kepada Tim Muhibah Angklung Jawa Barat atas peran penting mereka dalam memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui seni angklung.

“Saya mendukung dan bangga pada sekumpulan anak muda yang berasal dari berbagai latar belakang berbeda, ada yang masih SMA, ada yang sudah kuliah, namun bersatu untuk mendukung Indonesia,” katanya.

Rudy mengungkapkan dukungannya terhadap kelompok ini yang terdiri dari berbagai latar belakang, mulai dari siswa SMA hingga mahasiswa, yang bersatu demi mendukung Indonesia.

Menurut Rudy, penampilan mereka tidak hanya sekadar hiburan, tetapi juga berhasil memberikan pembelajaran kepada masyarakat Portugal tentang warisan budaya Indonesia melalui pertunjukan angklung.

Ia menyatakan bahwa Tim Muhibah Angklung Jawa Barat menerima sambutan hangat dari penonton yang datang dari berbagai negara.

“Saya dengar masyarakat di sini sangat kagum dan terpesona dengan penampilan Tim Muhibah. Saya sangat berterima kasih karena telah menunjukkan kekayaan budaya Indonesia di mata masyarakat Portugal,” katanya.

Rudy menegaskan bahwa ia akan hadir untuk mendukung mereka dalam penampilan di puncak acara festival pada tanggal 13 Juli mendatang.

Ia juga mencatat bahwa angklung sangat dihargai di kalangan masyarakat internasional, terutama di Portugal, karena keunikan dan daya tariknya.

Ketua Tim Muhibah Angklung, Maulana M. Syuhada, mengungkapkan bahwa setelah Portugal sebagai destinasi pertama, tim ini akan melanjutkan misi budaya mereka ke beberapa negara lain seperti Spanyol, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

“Kita akan melanjutkan ke beberapa negara seperti Spanyol, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan berpartisipasi di Festival Internasional Murcia, serta mengadakan konser di berbagai tempat ikonik di Timur Tengah,” kata Maulana.

Selain pertunjukan angklung dan tarian, Tim Muhibah Angklung juga menampilkan seni wayang dan mengadakan workshop untuk anak-anak.

Berkat minat yang tinggi terhadap budaya Indonesia, Tim Muhibah Angklung Jawa Barat berhasil menjadi satu-satunya tim dari berbagai negara yang diundang untuk tampil di TV Nasional Portugal, RTP Play, dan video penampilan mereka dapat diakses melalui akun YouTube @angklungmuhibah. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

42 menit ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

43 menit ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

44 menit ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

2 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

3 jam ago