HEADLINE

Peran TNI Menuju Indonesia Emas 2045

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM – Peran TNI AD Menuju Indonesia Emas, menjadi tema orasi ilmiah yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M,SC dalam acara Dies Natalis Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) ke-34, Senin 15 Juli 2024.

Tema itu dipilih Maruli lantaran pada 2045, Indonesia diproyeksikan bakal menjadi peringkat ke-5 berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB) di dunia.

“Peringkat PDB ke-5 ini nominalnya 9,1 triliun USD dengan PDB per kapita sampai 30.000 USD per tahun dan itu terus berlanjut,” katanya.

Selain itu, sambung Maruli, yang lebih luar biasanya lagi penduduk kelas menengah di Indonesia sudah mencapai 72 persen. Hal itu bisa dilihat dari perkembangan negara G 20.

“Kita lihat bahwa perkembangan pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat luar biasa di tengah Covid-19. Kita bisa mempertahankan diangka 5 persen dan itu sangat luar biasa,” ujarnya.

Sebab, lanjut Maruli, banyak negara-negara yang tumbang pada saat Covid-19 kemarin, angka kriminalitas terus meningkat di Eropa dan Amerika, sedangkan Indonesia masih bisa bertahan.

“Kemudian ada berbagai potensi sumber daya alam di Indonesia yang bisa kita gali dan ke depan itu bisa meningkat,” katanya.

Meski begitu, ini hanya beberapa saja masih banyak potensi alam yang bisa digali, seperti gas alam Indonesia yang merupakan terbesar di dunia, rempah terbesar di dunia, hutan Indonesia terluas nomor tiga di dunia, emas, nikel, timah dan tembaga.

“Saya kemarin banyak ikut kegiatan dengan pejabat kementerian, mereka sering mempresentasikan sehingga tahu dan saya ambil sebagai bahan-bahan untuk disampaikan kepada para mahasiswa dan agar bisa memotivasi,” paparnya.

Maruli pun mencontohkan, dari kebijakan larangan ekspor bahan mentah yang dilakukan terhadap nikel, timah, tembaga dan bauksit memberikan dampak positif yang signifikan terhadap negara.

“Sekarang baru nikel saja. Itu yang biasanya pertahun kita 3,3 miliar USD, setelah kita membuat pelarangan ekspor dan ada produk turunan, pada tahun 2023 kita bisa mendapat 33,5 miliar USD. Artinya sudah 10 kali lipat dari satu tambang saja nikel,” bebernya.

“Kalau proyek kita dilanjutkan dengan turunan ini luar biasa,” sambungnya.

Maruli mengaku harus menyampaikan potensi-potensi itu kepada para mahasiswa, karena mereka akan menjadi pelaku utama dan akan mendapatkan hasilnya.

“Tahun 2045 ini adek-adek mahasiswa belum mencapai usia 50 tahun. Mudah-mudahan minimal 72 persen para mahasiswa ini bisa menjadi penduduk menengah dan bisa jadi orang-orang hebat,” ucapnya.

Maruli menilai, semua harus bekerja keras dan Presiden sudah pernah menyampaikan berulang-ulang pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia adalah kombinasi yang baik untuk menjadi negara yang kuat ekonomi.

“Asal jangan ada turbulensi politik. Hitungan 2040-2045 Indonesia akan menjadi 5 besar negara terkuat ekonomi dunia. Jadi prediksi ini bukan kita yang mengira, selain semua jago-jago ekonomi kita menghitung,” ujarnya.

“Beberapa organisasi internasional di bidang ekonomi sudah menyampaikan, sudah membuat statement. Jadi bukan hanya kita mengawang-awang seolah-olah kemerdekaan kita dalam 100 tahun bisa hebat. Bukan seperti itu, ini hitungan semua berdasarkan perhitungan semua,” sambungnya.

Rektor Unjani, Prof. Hikmahanto Juwana menambahkan, kegiatan ini merupakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) atau Dies Natalis ke-34 Unjani.

Menurutnya, pihaknya mengundang KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai orator ada acara Dies Natalis ke-34 Unjani ini.

“Karena kebiasaan di dalam Dies ini ada orasi ilmiah. Selama saya menjabat ini sudah tradisi dan yang menjadi orator adalah para perwira tinggi TNI AD yang mempunyai kualifikasi intelektual dan itu banyak sekali,” katanya.

Oleh karena itu, pada Dies Natalis ke-34 ini pihaknya mengundang pada KSAD. Kemarin Prof. Hendropriyono dan sebelumnya Letnan Jenderal TNI Doni Munardo dan Letnan Jenderal TNI Kiki Syahnakri.

Selain ulang tahun, pihaknya pun meresmikan Gedung Auditorium dan Fakultas Kedokteran Unjani.

“Jadi nanti wisuda ke depan kita akan lakukan wisuda di sini (Gedung Auditorium). Kemudian, nanti akan ada tiga gedung dulu, gedung fakultas-fakultas dan sarana yang lain,” sebutnya. (Uby)

Uby

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

10 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

11 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

12 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

13 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

14 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

15 jam ago