HEADLINE

Peduli Lingkungan, Lanud Husein Sastranegara Tanam Mangrove Di Sepanjang Sungai Cijambe

ADVERTISEMENT

GARUT, WWW.PASJABAR.COM — Personel Lanud Husein Sastranegara yang bertugas di Pos TNI AU Cikelet Kabupaten Garut bersama dengan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Garut Selatan menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon mangrove untuk mencegah abrasi pantai dan melindungi habitat ikan di sepanjang sungai Desa Cijambe Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, Kamis (25-07-2024).

Ka Pos TNI AU Cikelet Lettu Kal Shodiq Anshori mewakili Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb, Alfian, S.E., saat penanaman mangrove mengatakan, penanaman mangrove ini guna mengajak segenap masyarakat Desa Cijambe dan nelayan agar menjaga dan merawat ekosistem mangrove, sekaligus meningkatkan awareness bahwa pohon mangrove penting untuk kehidupan.

“Penanaman mangrove bagian menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kualitas lingkungan dan pengelolaan pinggir pantai yang berkelanjutan,” ujar Lettu Kal Shodiq.

Kegiatan yang dilaksanakan TNI AU khususnya Lanud Husein Sastranegara yaitu Personel yang bertugas di Pos TNI AU Cikelet, masyarakat Desa Cijambe, Nelayan dan Balawista Garut Selatan bersama Babinpotdirga Serka Ahmad Gojali dan Babinpotmar Kopka TTU Rasmiono ini diselenggarakan sebagai upaya meminimalisir ancaman bencana alam, untuk keselamatan bersama, baik abrasi pantai maupun naiknya gelombang air laut.

Sementara itu Ketua Balawista Garut Selatan Bapak Arif Susanto mengungkapkan, pihaknya untuk kegiatan ini melakukan penanaman sebanyak 60 pohon mangrove sebagai bentuk kepedulian lingkungan di pesisir pantai Garut selatan untuk menghasilkan ekisistem blue carbon.

Ekosistem blue carbon di daerah pesisir sangat penting, karena jangka panjang penyerapan dan penyimpanan karbon yang baik dan terjaga, untuk membantu mengurangi dampak perubahan iklim.

“Ekosistem blue carbon mencakup beberapa wilayah, salah satunya adalah hutan mangrove, padang lamun, lahan gambut air payau dan terumbu karang,” jelasnya. (Jbe)

Jhon Be

Recent Posts

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

30 menit ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

2 jam ago

Diserbu Bobotoh Henhen Tutup Kolom Komentar Instagramnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Buntut insiden intimidasi yang diduga dilakukan beberapa beberapa pemain Persib kepada bobotoh,…

2 jam ago

5.000 Umat Muslim Bandung Gelar Aksi Bela Palestina

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lebih dari 5.000 umat Muslim di Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa…

3 jam ago

372 Mahasiswa Magister dan Doktor Pascasarjana Unpas Ikuti Matrikulasi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 372 mahasiswa program Doktor dan Magister Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) mengikuti…

3 jam ago

Persib Diguncang Kabar Pemain Intimidasi Bobotoh

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kabar tak sedap datang dari Persib Bandung. Beredar kabar pemain Persib ada…

4 jam ago