HEADLINE

Whoosh Jadi Andalan Jakarta-Bandung, Layani 4,2 Juta Penumpang Sejak Oktober 2023

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Jumlah penumpang kereta cepat Whoosh sejak mulai beroperasi pada Oktober 2023 hingga Juli 2024 telah mencapai 4,2 juta orang.

“Sejak awal dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023 sampai dengan Juli 2024 ini, kami telah melayani sebanyak 4,2 juta penumpang,” kata Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/9/2024) dilansir dari Antara.

Rata-rata volume penumpang Whoosh juga mengalami peningkatan secara bertahap, dengan rekor tertinggi saat ini mencapai 24 ribu penumpang per hari.

“Pada awal beroperasi, volume penumpang hanya rata-rata 9.000 orang per hari, namun berdasarkan data Juli 2024 jumlah penumpang berkisar antara 17 ribu hingga 18 ribu per hari pada hari kerja, sementara pada akhir pekan mencapai 18 ribu hingga 22 ribu penumpang per hari,” tambah Dwiyana.

Secara operasional, jumlah perjalanan juga mengalami peningkatan, dari 14 perjalanan reguler per hari pada Oktober 2023 menjadi 48 perjalanan per hari sejak Mei 2024.

“Pada awal 2025 diprogramkan jumlah perjalanan kereta dapat mencapai hingga 62 per hari,” ujar Dwiyana.

Menurutnya, kehadiran kereta cepat ditujukan untuk meningkatkan konektivitas dan perekonomian antara Jakarta dan Bandung, serta memberikan solusi transportasi massal yang ramah lingkungan.

“Kehadiran kereta cepat ini diharapkan mampu mengatasi kepadatan arus transportasi Jakarta-Bandung, yang selama ini bergantung pada Jalan Tol Cipularang,” kata Dwiyana.

Dengan kecepatan mencapai 350 km/jam, kereta cepat memungkinkan penumpang menempuh perjalanan Jakarta-Bandung dalam waktu hanya 36 hingga 44 menit.

“Itu karena kereta bisa melaju dalam kecepatan 350 km/jam sehingga perjalanan lebih singkat dan fleksibel untuk aktivitas yang lebih maksimal,” jelasnya.

Selain itu, kereta cepat Whoosh juga telah melayani lebih dari 200 ribu penumpang warga negara asing (WNA).

“Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi Indonesia yang telah memiliki infrastruktur transportasi kelas dunia dan membuktikan bahwa kami telah menjadi salah satu simbol modernisasi transportasi yang diakui masyarakat internasional,” tutupnya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

11 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

13 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

13 jam ago