HEADLINE

Fakultas Teknik dan FISS Unpas Kunjungi RS Pasundan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM –  Dekanat, Pimpinan Prodi, Kabag Tata Usaha dan Kasubag di Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS) Universitas Pasundan (Unpas), kunjungi RS Pasundan, di Jalan H. Wasid Nomor 1, Kota Bandung, Kamis (5/9/2024).

Kunjungan FT dan FISS diterima langsung oleh Direktur PT Ragawaluya Pasundan Medika Prof. Dr. Ir. Yudi Garnida, MP dan Direktur RS Pasundan  dr. Fery Fardian M.Mkes, serta jajaran staff RS Pasundan lainnya.

Dekan Fakultas Teknik Unpas, Prof. Dr. Ir. Yusman Taufik, M.P mengatakan, kunjungannya bersama FISS Unpas sebagai bagian dari mengenal RS Pasundan dan juga melihat bagaimana faslitas yang disediakan RS Pasundan.

Dekan Fakultas Teknik Unpas, Prof. Dr. Ir. Yusman Taufik, M.P. (Foto : tie/Pasjabar)

“Ini adalah program bersama dengan FISS untuk membawa tendik dan juga dosen ke RS Pasundan. Intinya, kita ingin memperkenalkan jika kita memiliki Rumah Sakit yang notabene sarana dan prasarana cukup baik, pelayanan sangat baik, dan itu akan kita informasikan ke semua baik di FISS dan Teknik,” tuturnya.

Ditambahkan Prof. Yusman, dengan melihat berbagai fasilitas RS Pasundan secara langsung, maka ia bisa memastikan informasi kepada semua pihak di Fakultas Teknik, jika nanti rujukan baik untuk mahasiswa, dosen atau karyawan yang sakit itu akan ke RS Pasundan.

“Jadi nanti kalau ada yang sakit, biasanya-kan rujukannya ke RS Advent, nah, sekarang akan kami alihkan ke RS Pasundan, begitu juga untuk dosen dan karyawan, apalagi insyaallah RS Pasundan in ikan akan bekerjasama dengan BPJS jadi akan lebih memperudah kami dalam berobat dan rujukan,” jelasnya.

Dalam kunjungannya tersebut dekanat, tendik dan karyawan Fakultas Teknik dan FISS Unpas diajak berkeliling untuk melihat berbagai fasilitas yang diselediakan oleh RS Pasundan, seperti layanan IGD, Poliklinik, layanan laboratorium, pemeriksaan kandungan, ruang NICU dan ICU, ruang rawat inap dan lainnya.

Hal yang sama diungkapkan Dekan FISS Unpas, Dr. Hj. Senny Suzanna Alwasilah, S.S., M.Pd, yang mengatakan jika ia cukup senang bisa berkunjung langsung ke RS Pasundan.

“Saya sangat senang sekali bisa berkunjung ke RS Pasundan ini, dan ini merupakan kebanggaan untuk Pasundan. Kami berharap nanti kedepan rujukan untuk mahasiswa atau tendik yang sakit ya harus di rujuk ke sini RS Pasundan,” ujarnya usai kunjungan.

Sementara itu, Direktur PT Ragawaluya Pasundan Medika Prof. Dr. Ir. Yudi Garnida, MP menyebutkan jika kunjungan Fakultas Teknik dan FISS tersebut cukup membantu untuk mengenalkan RS Pasundan di kalangan Unpas, khususnya lingkungan fakultas.

“Rumah Sakit Pasundan ini sebenarnya didirikan untuk memenuhi kebutuhannya Fakultas Kedokteran Unpas, mahasiswa yang sudah lulus sebagai sarjana kedokteran akn melanjutkan Pendidikan profesinya, atau Koas nya di RS Pasundan. Namun, karena saat ini RS Pasundan masih tipe-C, karena balum memenuhi persyaratan, sehingga belum bisa digunakan Koas,” tuturnya.

Meski demikian dikatakan Prof. Yudi, jika RS Pasundan tetap dioperasikan untuk RS Umum, seperti halnya dengan RS lainnya, bahkan saat ini RS Pasundan sedang proses kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Saat ini, perkembangan RS Pasundan sedang proses kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Karena salah satu syarat untuk BPJS Kesehatan adalah RS sudah akreditasi. Dan, alhamdulillah, hasil akreditasinya oleh Lembaga akreditasi bidang Kesehatan itu paripurna atau tertinggi.” Tuturnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, saat ini RS Pasundan sedang melengkapi fasilitas termasuk melakukan pelayanan secara prima, “Baik itu untuk pelayanan rawat inap dan rawat jalan, dokter spesialis pun kan kita sediakan sesuai kebutuhan, dan fasilitas lainya sedang kita persipakan seperti hemodialisa atau kemoterapi, juga melengkapi alat-alat RS Pasundan lainnya.” katanya. (tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

5 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

7 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago