PASPENDIDIKAN

Ridho Gusti “Belajar, Berprestasi, dan Siap Membela Negara”

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Terus belajar, berusaha menggapai prestasi dan ingin mengabdi untuk negara adalah hal yang tak lepas dari sosok Ridho Gusti Putra Kurniawan.

Lahir di Majalengka pada 12 November 2006, Ridho adalah pelajar SMAN 24 Bandung yang memiliki cita-cita besar untuk masa depannya.

Ridho dikenal sebagai remaja yang aktif dalam berbagai kegiatan. Di samping sibuk bersekolah, ia memiliki hobi yang sederhana namun bermakna bagi dirinya.

“Hobi saya jalan-jalan dan olahraga, karena itu cara saya melepas penat sambil melihat tempat-tempat baru yang menarik. Kalau olahraga, biar tubuh tetap bugar saja. Kenapa dijadikan hobi? Karena dengan begitu, kita bisa enjoy melakukannya,” jelasnya penuh semangat.

Ridho memiliki filosofi hidup yang sederhana namun mendalam. “Tetaplah berbuat baik walaupun disakiti, dan tetap berbuat baik walaupun tak dianggap,” ungkapnya.

Baginya, hidup adalah bagaimana manusia dapat mencari pengalaman, berbagi pengetahuan, dan saling membantu satu sama lain. Prinsip ini memandu langkahnya sehari-hari dan membuatnya selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

Soal cita-cita, kepada PASJABAR, Minggu (8/9/2024) Ridho bercerita bahwa ia ingin menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Saya ingin menjaga negara ini karena di negara ini ada orang-orang yang saya sayang. Kalau negara ini hilang atau diambil oleh orang lain, maka orang-orang yang saya sayang akan tinggal di mana?” katanya.

Ridho juga mengungkapkan rasa syukurnya kepada negara yang telah banyak memberinya dukungan, dan kini ia merasa giliran dirinya untuk berbakti kepada bangsa.

“Sekarang giliran saya yang akan membantu negara dalam menjaga kedaulatan dan kesatuan,” tuturnya.

Setelah lulus sekolah, Ridho memiliki harapan besar untuk bisa melanjutkan pendidikan di Akademi Angkatan Laut.

Di sekolah, ia bukan hanya sibuk belajar, tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan. Ridho adalah anggota MEDKOMINFO FOKAB (Forum Komunikasi Anak Bandung) dan PASKIBRA Kota Bandung, serta menjadi ketua divisi liputan di Jurnalistik SMAN 24 Bandung.

“Kadang mengikuti kegiatan di PASKIBRA, dan kadang terlibat di kegiatan jurnalistik,” tambahnya.

Selain itu, Ridho juga memiliki pengalaman membanggakan di dunia akademik. Saat kelas 8, ia meraih juara kedua dalam lomba “Jambore Budaya Baca Festival Duta Baca VIII” yang diadakan untuk memperingati Hari Jadi Kota Bandung ke-211.

Ia juga memperoleh medali emas dalam Olimpiade Sejarah di Tingkat Nasional pada tahun 2023, serta medali perunggu dalam olimpiade Bahasa Indonesia pada tahun yang sama.

Adapun tokoh idola Ridho adalah Pierre Tendean, seorang pahlawan nasional yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI,

“Beliau adalah sosok yang luar biasa. Anak muda yang cinta pada orang tua, hormat pada orang tua, cinta tanah air, sangat loyal kepada negara dan atasan, disiplin, berani, rendah hati, dan cerdas. Itulah sosok yang saya kagumi,” tuturnya.

Terakhir Ridho menyampaikan pesan bagi generasi muda Indonesia.

“Jangan sekali-kali melupakan sejarah bangsa ini, karena dengan mengingat sejarah, kita bisa mempertahankan negara. Jangan juga melupakan jasa para pahlawan yang telah berkorban, dan jangan tinggalkan budaya bangsa kita,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

43 menit ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

44 menit ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

46 menit ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

2 jam ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

2 jam ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

3 jam ago