HEADLINE

Penelitian Bahaya Rokok di Asia Pasifik DIlakukan di Unpad

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMUniversitas Padjadjaran (Unpad) University of Catania, Italia akan mendirikan penelitian, penyuluhan, dan pendidikan mengenai pengurangan bahaya merokok di kawasan Asia-Pasifik.

Kerjasama tersebut tercantum dalam perjanjian berupa Letter of Intent (LoI) dengan University of Catania, Italia mengenai kerja sama dalam pembentukan dan peluncuran the Center of Excellence for the Acceleration of Harm Reduction (CoEHAR) di Indonesia.

Penandatanganan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Hendarmawan dan Direktur CoEHAR Prof. Giovanni Li Volti dalam kegiatan puncak Dies Natalis ke-67 Universitas Padjadjaran di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Rabu, 11 September 2024. Prof. Riccardo Polosa, pendiri CoEHAR, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Unpad yang turut bekerja sama dalam pendirian cabang CoEHAR Padjadjaran Indonesia.

Nantinya, cabang ini berfungsi sebagai pusat regional untuk penelitian, penyuluhan, dan pendidikan mengenai pengurangan bahaya merokok di kawasan Asia-Pasifik. “Terima kasih kepada universitas (Unpad) yang luar biasa ini karena telah percaya pada proyek kami, proyek yang mungkin tidak dipercaya oleh banyak orang, terutama karena Covid-19,” ujar Prof. Polosa.

Prof. Polosa menjelaskan bahwa penandatanganan LoI yang dilakukan menandai kelanjutan kolaborasi antara Unpad dengan University of Catania telah berlangsung selama enam tahun. “Setelah enam tahun, kami (University of Catania) masih ada di sini, masih bekerja bersama (dengan Unpad). Perjanjian ini adalah salah satu perjanjian yang paling aktif di universitas kami, ini tidak sering terjadi,” papar Prof. Polosa.

Prof. Polosa menjelaskan bahwa saat ini, Pemerintah Italia mendukung kerja sama antara University of Catania dengan Unpad melalui pembiayaan program pertukaran serta pelatihan untuk fakultas dan mahasiswa Unpad.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Direktur CoEHAR Prof. Giovanni Li Volti, Duta Besar Italia untuk Jakarta Benedetto Latteri, dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Italia di Indonesia Roberto Carniel. CoEHAR Padjadjaran Indonesia akan berfungsi sebagai pusat regional untuk penelitian, penjangkauan, dan pendidikan tentang pengurangan bahaya merokok di kawasan Asia-Pasifik.

Aktivitas di Asia akan dipimpin oleh dua dosen Universitas Padjadjaran, yaitu Dr. Ronny Lesmana, dr., M.Kes., AIFO, Ph.D., dan Prof. Dr. Amaliya, drg., M.Sc., Ph,D. “Melalui upaya bersama dalam bidang akademis dan penelitian, kita dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengatasi berbagai masalah di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, Asia Timur, kawasan Asia-Pasifik, dan secara global, dengan berfokus pada pengurangan bahaya merokok dan peningkatan gaya hidup dan kesehatan jutaan orang,” ujar Dr. Ronny Lesmana.

Sementara Prof. Amaliya mengatakan, “Pekerjaan yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir bekerja sama dengan rekan-rekan dari Sisilia Italia telah memungkinkan kami untuk mencapai hasil penting baik dalam penelitian maupun promosi gaya hidup baru di Indonesia. Kami akan terus melanjutkan jalan ini dengan komitmen lebih lanjut dan dedikasi yang konstan”. (*/tie)

Yatti Chahyati

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

7 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago