PASJABAR

Unpad dan Universitas Widyatama Luncurkan Sistem Informasi TBM Terintegrasi di Sumedang

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Forum Taman Bacaan Masyarakat Sumedang sebanyak 17 forum melakukan pengabdian masyarakat, Universitas Widyatama dan Universitas Padjadjaran bertemakan rancang bangun sistem informasi TBM terintegrasi dalam upaya mewujudkan pariwisata pendidikan Sumedang.

Kegiatan yang berlangsung di Kampus Unpad Fakultas Ilmu Komunikasi dan dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi Fikom Unpad, Jenny Ratna Suminar, pada hari Kamis kemarin (12/9/2024).

Dalam kegiatan itu pun diberikan cendramata buku 99 munajat bersama Alquran karya KH Saiful Islam Mubarak.

Hadir pula perwakilan Prodi perpustakaan dan sains informasi Fikom Unpad, Agus Rusmana, ketua pelaksana, Diah Sri Rejeki dari Universitas Widyatama.

Jenny Ratna menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran perwakilan sahabat forum TBM Sumedang dan Dikti selaku pemberi dana dalam kegiatan tersebut.

“Semoga kegiatan ini menjadi awal keberhasilan dalam membantu masyarakat lebih melek literasi. Sumedang punya potensi besar menjadi kota maju dengan adanya Unpad, ITB, dan UPI, tinggal kita bisa maksimalkan atau tidak itu semua tergantung sumber daya manusianya sendiri, maka melalui program ini mari bersama-sama menjadi bagian dan berperan aktif membangun kota tercinta ini dengan budaya membaca yang sekarang sudah mulai hilang tradisinya,” ujar Jenny.

Pihaknya pun sempat melontarkan terkait adanya majalah di Indonesia yang masih eksis sampai saat ini, yakni majalah Mangle.

Majalah Mangle itu pun menjadi simbolis yang diberikan ke Sekretaris Forum TBM Sumedang, Enjang Herawan yang mewakili Ketua Forum TBM Sumedang.

Selain itu Kegiatan tersebut dilakukan pula penandatanganan kerjasama antara Forum TBM Sumedang dengan Unpad dan Universitas Widyatama serta peluncuran website resmi https://forumtbmsumedang.org/.

Nantinya Website itu rencananya akan digunakan sebagai media promosi bagi sahabat forum TBM Sumedang untuk memperkenalkan masing-masing taman bacaan masyarakat.

Dalam prakteknya, nanti dibuatkan password khusus setiap TBM. Dengan kata lain website ini sebagai rumah kedua dalam menyimpan karya, koleksi buku, dan lain-lain. (han)

Budi Arif

Recent Posts

Irfan Fandi Tiba di Tanah Air untuk Bela Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Irfan Fandi yang merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia telah tiba di…

44 menit ago

Misi Asnawi Permalukan Persib di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Asnawi Mangkualam akan jadi sorotan di laga Persib Bandung vs Port FC…

2 jam ago

Port FC Sudah Kantongi Cara Jitu Hadapi Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Port FC harus melakoni laga yang berat di AFC Champions League Two…

2 jam ago

Masalah Pelik Persib Jelang Hadapi Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Petualangan Persib Bandung di AFC Championship League Two (ACL 2) segera dimulai.…

3 jam ago

Jawaban Penantian Nick Kuipers Main di Level Asia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bek Persib Bandung Nick Kuipers sedang merasa gregetan. Sebab, ia sudah tak…

3 jam ago

Indra Sjafri Memanggil 30 Pemain Hadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri memanggil 30 pemain untuk bersiap menghadapi Kualifikasi…

13 jam ago