HEADLINE

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September 2024, menggantikan Bambang Tirtoyuliono.

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, di Gedung Sate. Koswara, yang lahir di Garut pada 5 April 1968, saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat.

Ia diangkat untuk memimpin Kota Bandung selama periode transisi hingga pemilihan Wali Kota definitif yang akan dilaksanakan pada Februari 2025 mendatang.

Dilansir dari situs resmi Pemkot Bandung, Koswara memulai kariernya di Kota Bekasi, tepatnya pada tahun 1999, ketika ia ditunjuk sebagai Plt. Kasubsi Perencanaan Teknis pada Seksi Bina Marga Kota Bekasi.

Setahun kemudian, ia diberi tugas sebagai Kasubsi Perencanaan Teknik Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bekasi, yang menjadi langkah awal penting dalam perjalanan kariernya di sektor perencanaan dan pembangunan infrastruktur kota.

Pada tahun 2001, ia diangkat sebagai Kepala Seksi Pekerjaan Umum di Kantor Camat Pondok Gede, Bekasi, serta Kepala Seksi Penataan Bangunan di Subdin Tata Bangunan Dinas Tata Ruang dan Permukiman Kota Bekasi.

Penugasan ini semakin mengukuhkan keahliannya dalam bidang tata kota.

Pada tahun 2004, Koswara dipercaya sebagai Kasubid Perekonomian Rakyat di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi, yang memperluas keterlibatannya dalam pengembangan kota.

Selain itu, di tahun yang sama, ia juga mengemban tanggung jawab sebagai Kasubid Prasarana Perkotaan di Bappeda Kota Bekasi.

Seiring dengan berkembangnya pengalaman Koswara, pada tahun 2007 ia dipercaya menjabat sebagai Kepala Seksi Penampungan di Bidang Persampahan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Bekasi.

Kemampuan dan pengalamannya dalam mengelola infrastruktur terus berkembang, sehingga pada tahun 2008 ia diangkat menjadi Kepala Bidang Rekayasa dan Arsitektur Perkotaan serta Kepala Bidang Fisik di Bappeda Kota Bekasi.

Pada tahun 2009, Koswara kembali mengemban tanggung jawab baru sebagai Kepala Bidang Perencanaan di Dinas Tata Air Kota Bekasi, yang fokus pada perencanaan sistem tata air.

Pengalamannya terus bertambah, dan pada tahun 2011, ia ditunjuk untuk memegang posisi penting sebagai Kepala Dinas Tata Kota Kota Bekasi.

Kariernya terus berkembang hingga pada tahun 2016, Koswara dipercaya untuk menjadi Kepala Bappeda Kota Bekasi, memperkuat perannya dalam perencanaan pembangunan kota.

Pada tahun 2019, ia menjabat sebagai Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, dan pada tahun 2021, ia memegang jabatan strategis sebagai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, posisi yang ia pegang hingga saat ini.

Sebagai Penjabat Wali Kota Bandung, Koswara dihadapkan dengan berbagai tantangan terkait pembangunan Kota Bandung, termasuk masalah transportasi, tata ruang, dan peningkatan pelayanan publik.

Pengalamannya yang luas dalam bidang infrastruktur dan tata ruang sangat diharapkan untuk membawa solusi inovatif bagi kemajuan dan keberlanjutan Kota Bandung. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

54 menit ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

2 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

4 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

5 jam ago

Diserbu Bobotoh Henhen Tutup Kolom Komentar Instagramnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Buntut insiden intimidasi yang diduga dilakukan beberapa beberapa pemain Persib kepada bobotoh,…

5 jam ago

5.000 Umat Muslim Bandung Gelar Aksi Bela Palestina

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lebih dari 5.000 umat Muslim di Kota Bandung menggelar aksi unjuk rasa…

6 jam ago