HEADLINE

GIIAS Bandung 2024 Berpeluang Besar untuk Industri Otomotif

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS Bandung 2024, yang berlangsung dari 25-29 September di Sudirman Grand Ballroom, diharapkan memberikan kontribusi besar pada perekonomian Jawa Barat, khususnya sektor otomotif.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Irjen Pol Risyapudin Nurdin, dalam pembukaan pameran pada Rabu (25/9/2024), menyatakan bahwa GIIAS akan berperan penting dalam mengembangkan industri otomotif serta perekonomian Indonesia, terutama di Jawa Barat dan Kota Bandung.

“Pameran ini memberikan kontribusi signifikan untuk menumbuhkan dan mengembangkan industri otomotif. Dan juga terhadap perekonomian Indonesia, khususnya di Jawa Barat, maupun Kota Bandung itu sendiri,” ujarnya, dilansir dari Antara.

Risyapudin juga menekankan pentingnya sektor otomotif dalam menciptakan transportasi yang ramah lingkungan, efisien, aman, dan berkelanjutan.

Menurutnya, acara ini adalah momen strategis untuk pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat dalam menghadapi tantangan. Dan memanfaatkan peluang untuk membangun transportasi masa depan.

Plt Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, Putu Juli Ardika, menyoroti pertumbuhan industri otomotif yang masih belum maksimal meski menunjukkan perkembangan positif.

Bagaimana dengan Indeks Kepercayaan Industri dan Perkembangan Penjualan Kendaraan?

Hingga Agustus 2024, Indeks Kepercayaan Industri (IKI) tumbuh sebesar 52,4 poin, menunjukkan periode ekspansi yang kuat.

“Jadi industri ini juga mampu tumbuh, tapi tumbuhnya belum sesuai dengan harapan kita. Itu mampu tumbuh 2,5 persen,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa penjualan kendaraan roda dua domestik mencapai 4,3 juta unit, sementara ekspor mencapai 348.000 unit.

Untuk kendaraan roda empat, penjualan domestik tercatat sebesar 560.000 unit. Dengan ekspor 296.000 unit Completely Built Up (CBU) dan 30.000 unit Completely Knocked Down (CKD).

Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, juga menyoroti dampak positif pameran ini terhadap sektor pendidikan, khususnya siswa SMK yang perlu memahami perkembangan teknologi otomotif terbaru, termasuk kendaraan berbahan bakar konvensional, hybrid, dan kendaraan listrik (EV).

“Dengan perkembangan pesat teknologi otomotif, siswa harus mendapatkan info terkini,” katanya.

Yohanes Nagoi, Ketua Umum Gaikindo, menambahkan bahwa GIIAS di Bandung merupakan bagian dari upaya mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia.

Dengan partisipasi 18 merek otomotif, termasuk beberapa merek baru, ia berharap pameran ini dapat meningkatkan penjualan kendaraan dan membantu pertumbuhan industri otomotif, terutama di Jawa Barat.

“Pelaksanaan pameran otomatis salah satu upaya Gaikindo mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia,” ujarnya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Tanggap Darurat Gempa, Pemkab Bandung Terus Gulirkan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masa tanggap darurat penanganan bencana gempa bumi Kabupaten Bandung dari sejak terjadi…

31 menit ago

Pemkab Bandung Terus Optimalkan Penanganan Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus fokus dan mengoptimalkan penanganan bencana gempa yang…

2 jam ago

Fluktuasi Harga Pangan: Beras SPHP Turun, Cabai Merah Keriting dan Telur Naik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat adanya fluktuasi harga pada beberapa komoditas pangan…

3 jam ago

Dimas Drajad, Idola Baru Bobotoh Persib yang Menggila

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dimas Drajad kini menjelma jadi idola baru bagi Bobotoh Persib. Sebab, penyerang…

4 jam ago

Purwakarta Hadirkan Wisata Literasi, Ajak Anak-Anak Berwisata Tanpa Gawai

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Wisata literasi menjadi salah satu wisata pilihan di Kabupaten Purwakarta. Wisata literasi…

5 jam ago

Persib Pantang Lihat Madura United Sebelah Mata

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akan segera dijamu Madura United dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

7 jam ago