HEADLINE

Peningkatan Produksi Pertanian dalam PKM di Sumedang

ADVERTISEMENT

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM — Dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) program studi teknik mesin, Fakultas teknik, Universitas Widyatama, terdiri dari dosen dan mahasiswanya melakukan upaya peningkatan produktivitas hasil pertanian di Desa Cikurubuk, Sumedang.

Mereka menggelar sosialisasi guna memberikan pemahaman mengenai penerapan alat pengering padi sederhana. Metode yang digunakan tim PKM ini dilakukan dengan diskusi dan sosialisasi yang mencakup pemahaman dasar tentang kebutuhan peningkatan produksi hasil pertanian, prinsip kerja dan variabel pada sistem pengering hasil panen pertanian, hingga pembuatan alat pengering padi sederhana itu.

Ketua tim PKM, Nia Nuraeni mengatakan kolaborasi antara akademisi dan pemerintah setempat bisa menghasilkan solusi sebuah permasalahan, untuk itu solusi masalah peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian perlu di kolaborasikan dengan petani.

“Pihaknya melakukan sosialisasi dan penerapan terkait alat pengering padi sederhana. Tujuannya, supaya masyarakat bisa mempergunakan dan mendapatkan hasil panen sesuai keinginan dan kebutuhan,” ujarnya.

Kepala Desa Cikurubuk, M Fadar Junawar mengaku antusias pada kegiatan yang dilaksanakan Universitas Widyatama ini. Ia pun mengapresiasi inisiatif mereka dalam mengedukasi penerapan alat pengering padi.

“Semoga hasil pertanian tak hanya sekedar mendapatkan sejumlah hasil berapa banyaknya. Tapi, dapat mencapai hasil yang ditargetkan, yakni menghasilkan gabah yang memiliki kadar air sebesar 14 persen agar kualitasnya menjadi premium,” ucapnya.

Tim PKM Universitas Widyatama pun memberikan alat pengering padi sederhana di Desa Cikurubuk, dengan harapan bisa menjadi langkah awal mendorong lebih banyak pihak akademisi agar kualitas maupun kuantitas hasil pertanian yang ada di daerah sekitar.

“Kami berterima kasih kepada lembaga penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan modal intelektual (LP2M) Universitas Widyatama atas hibahnya ini, semoga bisa bermanfaat bagi desa kami,” pungkas fajar. (Arf)

Budi Arif

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Cukur Maladewa 4 Gol Tanpa Balas

WWW.PASJABAR.COM – Timnas Indonesia U-20 tampil cemerlang dengan mencetak tiga gol indah dalam waktu lima…

15 menit ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

25 menit ago

Akses Jalan Ditutup Tembok Setinggi 3 Meter, Akses Warga Terganggu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebuah gang di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung ditutup tembok. Akibatnya…

27 menit ago

Pemkot Bandung Siap Hadapi Musim Hujan, Fokus Antisipasi Banjir dan Sampah Liar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mempersiapkan berbagai langkah antisipatif untuk menghadapi potensi…

28 menit ago

Cagub Acep Bertemu Masyarakat Tionghoa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Acep Adang mengawali kampanye politiknya…

49 menit ago

KPK Resmi Tahan Empat Anggota DPRD dan Sekda Kota Bandung Korupsi Bandung Smart City

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- KPK resmi menetapkan tersangka yang diduga terlibat proyek pengadaan Bandung Smart City,…

1 jam ago