PASJABAR

Cawalkot Cimahi Dikdik S. Nugraha Janji Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

ADVERTISEMENT

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COMCalon Wali Kota(Cawalkot) Cimahi Nomor Urut 1, Dikdik S Nugrahawan berjanji akan tingkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Cawalkot Cimahi tersebut menyebutkan jika peningkatan kualitas pelayanan kesehatan tersebut menjadi salahsatu program unggulan.

Cawalkot Cimahi, Dikdik menyebutkan itu menjadi salah satu fokus dilakukan jika dirinya menang di Pilkada Serentak 2024 nanti.

Salah satu program tersebut adalah meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Cimahi.

Melalui peningkatan kepesertaan BPJS Kesahatan bagu masyarakat yang dibiayai oleh pemerintah.

“Kami (Dikdik-Bagja) ingin seluruh masyarakat Cimahi, tanpa terkeculai mendapat pelayanan kesehatan yang lebih baik,” ungkapnya, saat blusukan di beberapa titik di wilayah Kelurahan Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin (30/9/2024).

Menurut Calon Wali Kota Cimahi nomor urut 1 itu, sebenarnya saat dirinya menjadi Penjabat Walikota Cimahi,

Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi sudah mejalankan program pelayanan kesehatan lebih baik,

dengan tercapainya target jumlah kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Bahkan, Pemkot Cimahi mendapat penghargaan dari pemerintah pusat atas capaian Universal Health Coverage (UHC) dalam mendukung program JKN-KIS tersebut.

Penghargaan Mendagri

Sebelumnya Dikdik pernah menerima penghargaan langsung dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, pada bulan Maret lalu.

Saat ini, lanjut Dikdik, jumlah masyarakat Cimahi yang telah terdaftar sebagai Peserta  dan tercover JKN sebanyak 562.160 jiwa atau mencapai 99,12 persen.

Dikdik mengaku saat menjadi Pj Wali Kota Cimahi, dirinya mengambil kebijakan untuk menyiapkan pendanaan dari APBD Kota Cimahi.

Yang memungkinkan dapat membiayai warga kurang mampu menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Dengan menjadi peserta BPJS, maka warga kurang mampu hanya perlu SKTM dan KK sudah bisa dicover pengobatannya di fasilitas kesehatan.”

“Yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan akan ditanggung biayanya oleh Pemkot Cimahi dan fasilitas kesehatannya pun sudah banyak,” tuturnya.

Untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan, Dikdik pun berjanji jika pasangan Dikdik-Bagja menang di Pemilihan Wali Kota Cimahi nanti.

Maka dia berjanji akan membuat  100 persen warga Cimahi akan memperoleh layanan kesehatan terbaik.

Oleh karena itu, pada kesempata blusukan, Dikdik kerap memohon warga mendoakan dirinya bisa menang di Pilkada nanti agar semua program pro masyarakat yang dibuat dapat terealisasikan.

”Mohon dukungannya, saya ini kelahiran Cimahi, dari Jalan Sentral,” uncapnya, saat berdialog dan saat menyapa warga.

Sementara itu, sebagian besar warga yang ia temui mengaku telah mengenal sosok Mantan Sekretaris Daerah Kota Cimahi itu.

Terutama, saat Dikdik masih menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota.

Sehingga, warga pun mengaku tidak meragukan lagi jika Dikdik akan lebih mengetahui apa yang harus diperbuat untuk masyarakat dan Kota Cimahi, jika dibandingkan dengan calon-calon lainnya.

Seperti yang dikatakan Yati, dia menilai jika Dikdik sebagai orang asli Cimahi dan lama berada di lingkup Pemkot Cimahi tentu bakal lebi bertanggungjawab untuk memajukan kota kelahirannya.

“Tentu pak Dikdik ini bakal puas ketika kepemimpinannya nanti berhasil membuat masyarakat dan kotanya lebih baik.”

“Saya yakin dia akan lebih tahu dan lebih merasakan apa yang diinginkan warga, sebab, dia kan orang asli Cimahi,” singkatnya.

Bertemu Warga Langsung

Pada kesempatan itu juga, Dikdik bertemu dengan warga yang tengah menggendong bayi. Tanpa sungkan Dikdik pun meminta bayi itu untuk ia gendong dan mendoakannya.

“Sing solehah, geulis, waluya lahir sareng batin na (Semoga jadi anak sholehah, cantik, sehat lahir dan batin,” ujarnya, sambil membelai sang bayi. (uby)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Al Nassr Tumbangkan Al Rayyan, jadi Kemenangan Perdana Cristiano Ronaldo di Liga Champions Asia 2024/2025,

WWW.PASJABAR.COM -- Cristiano Ronaldo mencetak gol perdananya di Liga Champions Asia 2024/2025. Tim yang digawangi…

33 menit ago

Bentrokan Geng Motor di Batujajar, Satu Orang Tewas dan Pelaku Tertangkap Saat Bersembunyi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Keributan antar berandalan geng motor di kawasan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, menelan…

56 menit ago

Legenda Timnas Inggris Kebingungan dengan Pemikiran Erik ten Hag

WWW.PASJABAR.COM -- Legenda Timnas Inggris Alan Shearer kebingungan dengan pemikiran pelatih Manchester United, Erik ten…

2 jam ago

Unpas Akan Optimalkan Potensi Guru Besar untuk Bentuk SDM Unggul

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Universitas Pasundan (Unpas) akan optimalkan potensi Guru Besarnya untuk membentuk SDM unggul.…

2 jam ago

Kaesang Pangarep Dukung Paslon Arfi-Yena di Bandung, Enggan Banyak Bicara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, tampak tidak banyak memberikan…

3 jam ago

Usai Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Dinaturalisasi, STY Berpotensi Coret Justin Hubner dan Sandy Walsh

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Calin Timnas usai, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders berhasil dinaturalisasi, pelatih Timnas…

4 jam ago