HEADLINE

Pembangunan Exit Tol Sementara KM 149 Gedebage Dikebut, Target Selesai Akhir 2024

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pembangunan exit tol sementara di KM 149 Gedebage diperkirakan akan selesai pada Desember 2024 sebagai solusi sementara untuk mengatasi kemacetan, sembari menunggu penyelesaian exit tol permanen yang dijadwalkan beroperasi pada tahun 2025.

Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara, menyatakan bahwa pembangunan ini menjadi langkah strategis dalam memaksimalkan infrastruktur kota.

“Exit tol ini disebut KM 149 sementara, bukan 148, karena perbedaan lokasi. Ini merupakan upaya kami memberikan solusi bagi masyarakat sambil menunggu exit tol permanen,” ujar Koswara saat meninjau pembangunan pada Selasa (1/10/2024), dilansir dari situs resmi Pemkot Bandung.

Exit tol permanen diproyeksikan rampung pada Desember 2024, dengan rencana uji coba sebelum digunakan resmi pada tahun 2025.

Pembangunan exit tol sementara di Gedebage ini melibatkan kolaborasi antara KCIC, Jasa Marga, dan Summarecon, sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Semula exit tol sementara ini ditargetkan selesai pada pertengahan Oktober, namun kendala perizinan menyebabkan target penyelesaian mundur hingga akhir Oktober.

Tim konstruksi telah menyatakan komitmennya mempercepat pengerjaan, sehingga exit tol sementara ini bisa digunakan menjelang musim Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Untuk exit tol permanen di Gedebage ini, diharapkan selesai sebelum Lebaran 2025.

Proyek ini diharapkan dapat memperlancar akses di wilayah Gedebage dan mengurangi kemacetan di jalur tol tersebut. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

BMKG: Gerhana Matahari Cincin Tak Berdampak di Indonesia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa fenomena Gerhana Matahari Cincin…

21 menit ago

Fluktuasi Harga Pangan: Bawang Merah Turun, Beras Premium Naik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat sejumlah komoditas pangan masih menunjukkan fluktuasi harga.…

1 jam ago

Cloud Kitchen Sagala Group Surga Pecinta Ayam Geprek dan Chicken Wings

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Sagala Group, operator cloud kitchen asal Bandung, terus berinovasi dalam industri kuliner dengan…

3 jam ago

Bandung Bangun TPST Berteknologi RDF di Gedebage, Atasi 390 Ton Sampah per Hari

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat…

3 jam ago

Aktris dan Politikus Marissa Haque Tutup Usia, Ini Pesan Terakhirnya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kabar duka menyelimuti dunia hiburan tanah air, aktris senior yang juga aktif…

4 jam ago

4 Modal Persib Hadapi Zhejiang FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung akan menghadapi Zhejiang FC dalam pertandingan kedua Grup F AFC…

5 jam ago