HEADLINE

Terminal Leuwipanjang Siap Jadi Pusat UMKM, Hasil Kerja Sama Kemenhub dan Koperasi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan Terminal Tipe A, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama Koperasi Konsumen Sabilulungan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Barat melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai penggunaan area untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Terminal Leuwipanjang, Bandung, pada Rabu (2/10/2024).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Irjen Pol Risyapudin Nursin, dan Ketua Koperasi Konsumen Sabilulungan BPTD Jawa Barat, Asep Hidayat.

Risyapudin menegaskan bahwa pembangunan sektor transportasi darat tidak hanya fokus pada infrastruktur, tetapi juga pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama UMKM.

“Kerja sama ini penting untuk menghidupkan UMKM yang ada di terminal, sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, pelaku UMKM, dan operator bus agar terminal tidak hanya menjadi tempat transit.

Tetapi juga ruang bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka.

“Terminal Tipe A seperti Leuwipanjang bisa menjadi pusat inovasi bagi UMKM, sehingga bukan hanya berfungsi sebagai pusat transportasi tetapi juga tempat berbelanja dan berinovasi,” imbuh Risyapudin.

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan peluncuran Area UMKM di Terminal Leuwipanjang.

Produk-produk yang tersedia termasuk oleh-oleh khas Bandung. Seperti bolu susu lembang, kue balok, keripik, hingga produk fashion seperti batik dan aksesoris.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan daya tarik terminal bagi pengguna angkutan umum serta menciptakan ekosistem yang mendukung UMKM.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Tatan Rustandi, menambahkan bahwa peluncuran area UMKM juga bertujuan meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Juga memperkuat daya saing UMKM, serta mengubah citra terminal menjadi tempat yang menyenangkan.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat penting dari Direktorat Perhubungan Darat.

Termasuk Direktur Lalu Lintas Jalan Ahmad Yani, Direktur Prasarana Transportasi Jalan Toni Tauladan, dan Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Lilik Handoyo. (han)

Uby

Recent Posts

Dua Wajah Baru dan Dua Anak Hilang Perkuat Timnas Indonesia Lawan Bahrain dan China

WWW.PASJABAR.COM -- Ada dua wajah baru di skuad Timnas Indonesia. Dua wajah baru tersebut tentu…

16 menit ago

Rossoneri Kalah 0-1 di Kandang Leverkusen

WWW.PASJABAR.COM -- Menjalani laga tandang ke markas Bayer Leverkusen di matchday 2 Liga Champions, AC…

1 jam ago

Tidak Ada Nama Justin Hubner Jelang Laga Melawan Bahrain dan China

WWW.PASJABAR.COM -- Jelang laga melawan Bahrain dan China tidak ada nama Justin Hubner di Skuad…

2 jam ago

Jabar Latih 48 Ribu Guru Penggerak untuk Hadapi Pengangguran Lulusan SMA/SMK

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menargetkan sekitar 48.615 guru penggerak di…

4 jam ago

Soraya Haque Ungkap Marissa Haque Meninggal Secara Mendadak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Artis senior sekaligus politikus Marissa Haque meninggal dunia pada Rabu (2/10/2024) dini…

5 jam ago

BMKG: Gerhana Matahari Cincin Tak Berdampak di Indonesia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa fenomena Gerhana Matahari Cincin…

6 jam ago